Bupati Bengkalis Buka MTQ ke 2 Kecamatan Bandar Laksamana

RiauKepri.com, BANDARLAKSAMANA – Bupati Bengkalis Amril Mukmin resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-II tingkat Kecamatan Bandar Laksamana yang dipusatkan di halaman Kantor Desa Sepahat Senin, 25 Maret 2019 malam.

Tepat pukul 22.30 WIB Bupati Bengkalis Amril Mukminin membuka MTQ  yang ditandai dengan penekanan tombol sirine bersama anggota DPRD Aisyah, Asisten Perekeonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra, Camat Bandar Laksamana Afrizal, dan Kepala Desa Sepahat Muhammad Lazlan.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin pada kesempatan itu menyampaikan komiten Pemkab Bengkalis untuk terus meningkatkan kegiatan keagamaan di Negeri Junjungan.

“Pemerintah Bengkalis berkomitmen untuk meningkatkan keagamaan di Bengkalis karena hal tersebut tertuang dalam  salah satu dari tujuh prioritas pembangunan sebagai penjabaran dari visi dan misi Kabupaten Bengkalis 2016-2021, yakni pengembangan budaya dan agama,” ucapnya.

Kemudian mantan Kepala Desa Muara Basung ini mengajak umat Islam di negeri junjungan untuk menanamkan nilai agama sejak dini seperti menggelorakan tradisi Magrib mengaji.

“Selain sebagai sarana pendalaman nilai-nilai ilmu agama, Maghrib mengaji juga  untuk mendekatkan umat Islam dengan Alquran sejak usia dini dan menciptakan generasi yang millenial, bertaqwa,kreatif dan amanah,” lanjut Amril.

Tema yang diusung pada MTQ ke-II tingkat Kecamatan Bandar Laksamana yakni menyiapkan generasi millenial yang Qur’ani, bertaqwa, amanah, kreatif dan bersatu.

Baca Juga :  Gerak Cepat Gubri, Temui Anggota DPR RI Asal Riau, Ini yang Dibahas

Sama dengan MTQ pertamanya, MTQ Kecamatan Bandar Laksamana Tahun 2019 ini juga memperlombakan 6 kategori yang diikuti 7 kafilah dengan jumlah peserta sebanyak 139 orang.

6 cabang yang diperlombakan tersebut diantaranya  Muratal Qur’an, Tilawah Qur’an golongan anak-anak dan dewasa, Syarhil Qur’an, Fahmil Qur’an, Khotil Qur,an serta Hifzil Qur’an.

Camat Ucapkan Terimakasig Kepada Bupati Amril

Camat Bandar Lakasaman Afrizal mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bengkalis Amril Mukminin atas digantinya lahan warganya bernama Adlis untuk pembangunan gedung Kantor Camat Bandar Lakasamana.

Hal tersebut disampaikan Camat Afrizal pada sambutannya di pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-II tingkat Kecamatan Bandar Laksamana tahun 2019 di halaman kantor Desa Sepahat Senin, 25 Maret 2019 malam.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis di bawah kepemimpinan pak Amril Mukminin yang telah menganggarkan pada APBD Bengkalis Tahun  2019 untuk ganti lahan pembangunan gedung kantor Camat Bandar Laksamana,” ucap Camat Afrizal.

Kantor Camat Bandar Lakasamana yang sejak diresmikan Bupati Bengkalis Amril Mukminin pada 9 Februari 2017 tersebut sebelumnya tidak memiliki Kantor sendiri, melainkan menyewa di salah satu rumah warga.

Baca Juga :  Buah dari Perjuangan Bupati Amril, DAK Bengkalis 2019 Meningkat 100 Persen dari Tahun Lalu

Kini, dengan luas tanah 1,1 hektar Insya Allah Kantor Camat Bandar Laksamana akan dibangun tahun ini menggunakan APBD Bengkalis Tahun  2019.

Pada kesempatan yang sama dengan pembukaan MTQ tingkat Kecamatan Bandar Laksamana, Bupati Bengkalis Amril Mukminin memberikan penghargaan kepada Adlis, pemilik tanah untuk pembangunan Kantor Camat.

Bahkan pembayaran ganti rugi lahan tersebut telah selesai dibayarkan kepada Adlis selaku pemilik tanah dengan harga Rp35.000 per meter.

Sebanyak 6 perlombaan diikuti oleh 7 kafilah pada Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-II tingkat Kecamatan Bandar Laksamana tahun 2019.

7 kafilah  tersebut terdiri dari 139 orang peserta berkompetisi pada cabang perlombaan Muratal Qur’an sebanyak 14 orang, Tilawah Qur’an (golongan anak-anak dengan jumlah peserta 14 orang, remaja dengan jumlah peserta 14 orang dan dewasa dengan jumlah peserta 13 orang),  Syarhil Qur’an 27 orang yang dibagi dalam 11 regu,  Fahmil Qur’an berjumlah 27 orang yang dibagi dalam 9 regu, Khotil Qur’an dengan jumlah peserta 10 orang, Hifzil Qur’an golongan 1 jus dengan jumlah peserta 14 orang.

Selain cabang tersebut di atas tim penggerak PKK Kecamatan Bandar Laksamana juga memperlombakan stand bazar utusan dari setiap PKK.

Sebanyak 9 stand bazar yang ikut memeriahkan MTQ Kecamatan Bandar Laksamana ini dibuka Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni.

Baca Juga :  Mantap, Ini Aksi 2 Model Milenial di PaKar DKR

Sejumlah stand bazar tersebut terdiri dari stand Desa Sepahat, Desa api-api, Desa Temiang, Desa Tanjung Leban, Desa Tenggayun, Desa Bukit Kerikil, Desa Parit Api-Api, Aliyah Nurul Hikmak serta SMA 1 Bandar Laksamana.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati Bengkalis yang telah berkenan meluangkan waktu nya untuk hadir memenuhi undangan kami, membuka acara MTQ Ke-II tingkat Kecamatan Bandar Laksamana,”ucapnya.

Mengusung tema “Menyiapkan Generasi Millenial Yang Qur’ani, Bertaqwa, Amanah, Kreatif dan Bersatu” Camat Afrizal ajak mendidik generasi milenial dengan berpedoman Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan kecinataan terhadap Al-Quran diyakini akan muncu generasi milenial Indonesia yang mampu memahami dengan baik kandungan dan tujuan Al-Quran diturunkan di muka bumi ini,” terangnya.

Turut hadir pada Pembukaan MTQ Kecamtan Bandar Laksamana tersebut anggota DPRD Aisyah, Asisten Perekeonomian dan Pembangunan Heri Indra Putra, Asisten Pemerintahan Umi Kalsum, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis Suwarto, Kepala Badan Pendapatan Daerah Imam Hakim, Kepala Dinas Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) Herman serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah lainnya. (RK4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *