Bupati Amril Ikuti Kegiatan Evaluasi SPBE di Jakarta

Bupati Bengkalis Amril Mikminin bersama Kepala BKPD Tengku Zainuddin menghadiri kegiatan SPBE di Jakarta

RiauKepri.com, JAKARTA – Bupati Bengkalis Amril Mukminin didampingi Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bengkalis H. Tengku Zainuddin menghadiri kegiatan Penyerahan Hasil Evaluasi Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2018, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (28/3/2019).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Gubernur serta Bupati Walikota se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden berharap kepada seluruh Kepala Daerah untuk mensosialisasikan SPBE ini kepada masyarakat. “Karena SPBE ini targetnya untuk masyarakat, supaya kita bisa lebih transparan dan akuntabel terkait sistem pemerintahan baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah,” ungkap Jusuf Kalla.

Baca Juga :  Rasidah Alfedri: Pendidikan Karakter Manusia Harus Sejak Dini

Sementara itu, Syafruddin mengatakan, Penerapan SPBE atau yang lebih dikenal dengan e-government, berdampak pada integrasi sistem sehingga dapat meningkatkan efisiensi. Implementasi SPBE yang terpadu ini bertujuan untuk mencapai birokrasi dan pelayanan publik yang berkinerja tinggi. “SPBE ini untuk mensinkronkan semua infrastruktur yang sudah ada. K/L/pemda supaya terintegrasi sehingga menghasilkan sebuah efektifitas dan efisiensi dan berujung pada pelayanan publik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkalis mengatakan kegiatan ini sangat penting untuk daerah dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya menginformasikan sistem pemerintah baik dari pusat maupun daerah. “Selain menyelaraskan program dan sistem pemerintah antara pusat dengan daerah, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturahmi antara kabupaten/kota se-Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga :  Menpar Arief: Pulau Rupat Cocok Jadi KEK Pariwisata, Ini 2 Keunggulannya

Lebih lanjut Amril juga mengatakan SPBE juga dapat mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Dikatakan Kepala Daerah Bengkalis, Pedoman Evaluasi SPBE disusun untuk memberikan petunjuk dalam rangka melaksanakan evaluasi atas pelaksanaan SPBE di Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah. “Pedoman evaluasi ini mengatur tentang perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil evaluasi SPBE. Untuk itu, kami harap kepada instansi terkait untuk mulai ¬†menjalankan SPBE ” tutur Amril Mukminin.

Baca Juga :  Tingkatkan Taraf Ekonomi Kerakyatan, Bupati Amril Resmikan Pasar Ramadhan 1440 Hijriyah

Karena, lanjut Kepala Daerah Bengkalis SPBE adalah salah satu wujud untuk menyamakan pandangan pusat dan daerah dalam pengelolaan sistem pemerintah di Pusat dan Daerah. “Artinya, setelah mulai melangsungkan SPBE ini, kita akan langsung terhubung dengan pemerintah pusat,” tutur Amril Mukminin.(RK4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *