BintanKepulauan RiauSiak

Siak Jemput Efek Segar Pada Tour de Bintan

RiauKepri.com, BINTAN– Sekda Kabupaten Siak, H.T.S. Hamzah, Kadispar H.Fauzi Asni, Kadis DPMP2T Heriyanto, serta Kabid Pemasaran Pariwisata Dispar Kabupaten Siak Basriansyah,
hadir pada event Tour de Bintan,
Sabtu (30/03/2019).

Sekitar 1.200 peserta dari 48 negara ambil etape bersepeda 140 KM Kategori Grand Fondo Clasic dihari kedua perhelatan Tour de Bintan 2019, Walau sempat terhenti karena derasnya guyuran hujan, balapan akhirnya bisa dilanjutkan.

“Sempat terhenti karena derasnya hujan sebentar, tapi para peserta sangat antusias sehingga balapan dilanjutkan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Wan Rudy.

Dikatakannya juga bahwa Tour de Bintan 2019 merupakan tahun ketiga berturut-turut sebagai ajang kualifikasi untuk Kejuaraan Dunia Gran Fondo UCI yang berlangsung di Poznan, Polandia, pada bulan September 2019 nanti.

Lebih dari seratus tim dan klub bersepeda yang bepergian dari Singapura, Jepang, Cina, Australia, dan lainnya akan diwakili.

Pasukan yang berbasis di Singapura yang terorganisasi dengan baik dan sangat kompetitif mencakup Tim Balap Berkendara Terpadu, Roval Mavericks Khusus dan 4T2.

Di antara tim terbesar adalah Anza Cycling, Team Garcia, dan Rapha, dan beberapa tim perusahaan seperti Team Standard Chartered Bank juga datang dengan kekuatan penuh.

Sementara itu, Kadispar H. Fauzi Asni mengatakan, sport tourism selalu membawa multy efek yang besar. Dampak langsungnya hotel menjadi penuh, kuliner daerah juga dicari, karena pembalap juga membawa keluarga serta official.

“Sebagai sport event, yang terbesar dicari adalah indirect impact, atau yang lebih sering disebut sebagai media value. Itulah yang tersebar luas di seluruh dunia, dan membuat pamor Indonesia khususnya Siak nantinya semakin dikenal,” ucap Fauzi.

Sedangkan Sekda Siak, H.T.S. Hamzah, menjelaskan kehadirannya ini sebagai tindak lanjut MoU yang sudah ditanda tangani bersama dibidang kepariwisataan antara Siak dan Bintan.

Baca Juga :  Mantap, 2 Kali Siak Terima Penghargaan Pelayanan Satu Pintu

Menurut Hamzah, sport tourism menjadi salah satu konsep yang cukup berhasil menarik wisatawan mancanegara. Terbukti, dari tahun ke tahun kunjungan wisman ke Bintan terus meningkat.

“Ini menjadi kabar baik bagi industri pariwisata di Kabupaten siak, kita sudah punya event event bertaraf internasional, seperti Tour de Siak yang sudah masuk dalam kalender UCI. Jadi harapannya para penggiat ekonomi kreatif di Siak lebih ditingkatkan sehingga menjadi daya tarik dan bernilai ekonomi yang baik,” harap Hamzah. (RK1/*)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *