BatamKepulauan RiauPolitik

Jokowi Akan Tambah Kawasan Ekonomi Khusus di Batam

RiauKepri.com, BATAM– Erick Thohir, Ketua Tim Kampanye Nasional mengungkapkan, bahwa pasangan calon presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf akan mengambil kebijakan untuk menambah fasilitas bisnis di Batam.

“Fasilitas untuk Batam akan ditambah dengan adanya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” ujarnya hari ini Jumat (5/4), di Batam, Kepulauan Riau.

Erick menambahkan, selain KEK, Jokowi juga akan membuat perizinan di Batam
Dipermudah. Insentif fiskal juga akan diberikan untuk mendorong pertumbuhan Batam. “Pemerintahan Jokowi-Maruf akan urus Batam dan selesaikan semua persoalan untuk menarik investasi dan mendorong pelayanan yang baik,” ucapnya.

Menurut Erick, Jokowi memahami bagaimana pentingnya posisi Batam, yang setidaknya ada 60 ribu kapal (vessel) per tahun melintasi selat Philips, yang berada di antara Pulau Batam dan Pulau Singapura. Volume trafik tersebut dua kali volume trafik Terusan Suez, bahkan tiga kali lipat dari Terusan Panama.

Dari sekitar 200 Vessel dan 150 tanker per hari yang lalu lalang ada sekitar 72 persen kapal tanker melalui jalur Selat Philips dan sisanya 28 persen via Selat Makasar dan Selat Lombok. Perputaran uang di Selat Malaka dan Selat Philips berkisar antara US$84 miliar sampai US$250 miliar dolar Amerika Serikat per tahun.

Jokowi pun menyadari bahwa Batam merupakan wilayah terdepan perbatasan negara, sehingga strategis baik secara militer, ekonomi dan politik. Dengan demikian, Batam dan sekitarnya menjadi wilayah penyangga Indonesia.(*)

Baca Juga :  Maksimalkan Potensi, Buat Wisatawan Nyaman
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *