JAMAN Riau : Pemerintahan Jokowi Membawa Indeks Demokrasi Indonesia Berada pada Level Tertinggi, Lanjutkan

Riza Zuhelmi

RiauKepri.com, PEKANBARU – Pemerintah Republik Indonesia dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai berhasil membawa indeks demokrasi berada pada level tertinggi sejak berdirinya negara ini.

Terlebih dibandingkan pada masa pemerintahan orde baru, hal itu disampaikan Ketua Dewan Pengurus Daerah Jaringan Kemandirian Nasional (DPD – JAMAN) Provinsi Riau Riza Zuhelmi kepada sejumlah wartawan, Senin (8/4/2019).

“Pemerintahan Jokowi kita nilai berhasil membawa indeks demokrasi Indonesia berada pada level tertinggi sejak negara ini berdiri, oleh karena itu kami menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mendukung Pasangan Capres ¬†Cawapres 01 Jokowi – Ma’ruf, lanjutkan,” tegas Riza optimis.

Baca Juga :  Amoy Warga Teluk Makmur Temukan Mayat Wanita Tanpa Kepala

Menurutnya secara keseluruhan, indeks demokrasi meningkat tajam sejak Jokowi menjadi presiden, mulai dari penegakan supremasi hukum yang tidak tebang pilih, kebebasan berpendapat, dan indikator penunjang lainnya.

“Secara umum kita menganalisa angka Indeks demokrasi Indonesia saat ini mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Ini harus dilanjutkan, jangan sampai kita kembali ke era orde baru di mana indeks demokrasi berada pada level terendah, karena adanya sistim kepemimpinan yang otoriter, sentralisme dan menekan rakyat,” pungkasnya.

Dilanjutkan Riza capaian kinerja demokratisasi di Indonesia yang diaplikasikan Pemerintahan Jokowi sangat baik. “Kalau di masa orde baru. jangan bermimpi hukum bisa menyentuh kalangan elit atau lingkaran penguasa, justru para aktivis yang malah hilang diculik, apakah kita ingin kembali seperti itu?, tentu tidak,” ujarnya.

Baca Juga :  FIB Unilak "Mengutip" Semangat Hasan Junus

Dipaparkan ketua JAMAN angka Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) dipengaruhi beberapa aspek, antara lain kebebasan sipil, hak-hak politik, penegakan supremasi hukum eksistensi lembaga demokrasi, dan peran peradilan yang independen.

“Oleh sebab itulah mengapa JAMAN Riau mengajak seluruh lapisan masyarakat, untuk mendukung Pak Jokowi memimpin negara ini satu periode lagi, karena jika yang lain menang dikawatirkan indeks demokrasi akan kembali turun drastis. Jokowi harus dua periode,” tutup ketua DPD JAMAN Riau Riza Zuhelmy. (RK4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *