DumaiRiau

LPS Dibentuk di Dumai

Rachman: Persiapkan Tenaga Terampil

RiauKepri, DUMAI- Lembaga Pelatihan Swasta (LPS) dibentuk di Dumai. Tujuannya untuk mempersiapkan tenaga kerja terampil di Dumai.

Kepala Disnakertrans Dumai H Suwandy SH M.Hum melalui Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan  Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Tranamigrasi (Disnakertrans) Dumai Irwan S.Sos menjelaskan pihaknya mendukung terbentuknya LPS di Dumai.

Selain dapat menciptakan tenaga kerja terampil sesuai kebutuhan pasar kerja, kehadiran LPS diharapkan mampu menciptakan tenaga kerja  yang memiliki keahlian di bidangnya sehingga bisa mandiri.

Menurut Irwan, kehadiran LPS juga dapat  mendukung program Forum Kerjasama Jaringan Pemagangan ( FKJP) Dumai. “Kehadiran LPS sangat positif dan sejalan dengan program FKJP,” ujar Irwan

Sementara anggota LPS Dumai Rachman menjelaskan, bahwa LPS Dumai melibatkan semua lembaga di Dumai. Tidak saja perusahaan,  masyarakat, legislatif, Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau dan Pemko Dumai juga turut dilibatkan  di LPS Dumai. “Semua kita libatkan,  dan pelatihan kita lakukan mulai dari hulu hingga ke hilir, ” jelas Rachman.

Menurut Rachman, pihaknya akan melakukan pelatihan komputer, las listrik, jahit menjahit, bahasa inggris dan pendingin ruangan/AC.

“Lembaga ini menjadikan masyarakat produktif. Kita berencana memanfaatkan CSR perusahaan,” tambah Rachman.

Dijelaskan, tanaga kerja las dan listrik tingkat kebutuhannya  tinggi. Bukan saja di perusahaan tapi juga untuk mandiri.

“Tak besar modalnya, sepuluh juta sudah cukup untuk buka usaha las,” jelas Rachman dan menambahkan bahwa pihaknya akqn melakukan  pelatihan terhadap 1000 siswa mandiri 100 orang berprestasi dibina dan dikasih modal.

Kata Rachman, pihaknya juga berencana membentuk kampung welser. “Kita akan bentuk kampung welder, di Dumai,” ungkapnya. (RK13)

Baca Juga :  Tahun Ini, 29 Napi di Riau Berlebaran di Rumah
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *