Calon Sekda Dumai Kurang Diminati, Seleksi Diperpanjang

Walikota Dumai Zulkifli AS.

RiauKepri.com, DUMAI– Kurang diminatikah lelang jabatan Sekda Dumai, sehingga pendaftar minim?. Tak jelas.memang. Namun yang jelas panitia sudah memperpanjang jadwal seleksi calon Sekda Dumai.

Hal tersebut tertuang dalam pengumuman Nomor Nomor :02/PANSEL.DMI/1.4/2019 tentang perpanjang jadwal seleksi dalam rangka memenuhi jumlah minimal peserta calon Sekda yang di persyaratkan sesuai perundang-undangan.

Ternyata baru dua peserta yang mendaftar mengikuti seleksi calon Sekda Dumai. Itu pula sebabnya sehingga calon Setda yang lulus seleksi administrasi tak kunjung diumumkan kendati jadwal sudah lewat.

Keterangan menyebutkan, terindikasi lelang jabatan atau seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah (Setda) Kota Dumai kurang diminati oleh ASN di lingkungan Pemko Dumai dan luar daerah.

Masalahnya masa jabatan walikota Dumai hanya tinggal 2 tahun lagi. Sehingga apabila calon terpilih jadi Setda dan kepala daerah berganti jabatan Sekda juga turut berganti.

Baca Juga :  Maju Sebagai Calon Ketua, Syaiful Bahri AR Siap Membawa LAMR Bukit Batu Lebih Bermarwah dan Bermartabat

Untuk itu panitia seleksi kembali membuka kesempatan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi terbuka JPT Pratama Sekretaris Daerah Kota
Dumai.

Hal itu sejalan dengan Surat Rekomendasi Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Nomor : B-1109/KASN/4/2019 tanggal 5 April 2019 perihal Rekomendasi Perpanjangan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah di Lingkungan Kota Dumai yang disampaikan diantaranya:

1. Memperpanjang waktu pendaftaran Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Dumai, dengan ketentuan pendaftaran: a. Perpanjangan waktu pendaftaran dimulai 8 s.d. 14 April 2019

2. Jadwal Kegiatan, selekai Administrasi 9 s.d 17 April 2019 , Pengumuman hasil seleksi administrasi 18 April 2019, Seleksi Kompetensi Manajerial 21 s.d 22 April 2019, Pengumuman hasil seleksi kompetensi 24 April 2019, Pengumuman hasil akhir seleksi terbuka 2 Mei 2019.

Baca Juga :  Sekda Inhil Lantik Pengurus IKA-UR dan HNSI Gaung

Seperti diketahui, sejak dibuka pada beberapa pekan lalu, baru dua pejabat Eselon IIB yang resmi mendaftarkan diri mengikuti lelang jabatan Sekda Kota Dumai.

Rendahnya animo pejabat yang mendaftar, lantaran banyak pejabat setingkat Kepala Dinas yang tidak memenuhi unsur persyaratan seperti usia minimal 56 tahun dan telah mengikuti serta dinyatakan lulus Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan tingkat II.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, berdasarkan tahapan lelang jabatan posisi Sekretaris Daerah (Setda) Dumai pada tanggal 4 April merupakan pengumuman kelulusan seleksi administrasi. Namun hingga tanggal 5 April pemerintah Kota Dumai tak kunjung mengeluarkan keputusan bahkan di website dumaikota.go.id belum terupdate.

Sementara jabatan Pj Setda yang diemban Drs H Hamdan Kamal sudah berakhir pada 7 April 2019 kemarin sebagaimana ketentuan Pj menjabat selama tiga bulan dan akan diganti oleh plt dari provinsi atau pejabat yang akan ditunjuk.

Baca Juga :  Ini Dia Nama-nama 20 Pejabat Tinggi Pratama Riau yang Dilantik

Menurut Wlikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi sudah ada beberapa nama yang sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti lelang jabatan Sekda.

Sedangkan proses seleksi terbuka jabatan Sekda Dumai dilakukan panitia seleksi yang sudah dibentuk. Seluruh panitia seleksi berasal dari Pekanbaru.

“Seleksi ini dilakukan secara terbuka sehingga tidak menutup kemungkinan ada pejabat luar daerah yang juga ikut mendaftar untuk menjadi Sekda Kota Dumai, ” ungkapnya.

Namun yang terjadi tak seperti yang diharapkan, peminat seleksi calon Sekda Dumai minim. Itu sebabnya panitia seleksi memperpanjang seleksi calon JPT Pratama Sekda Kota Dumai. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *