Ekonomi Menguat, Kesejahteraan Meningkat

Penyerah Sertifikat Tanah untuk Rakyat di Kota Tanjungpinang yang dipusatkan di halaman Gedung Daerah, Kamis (11/4).

RiauKepri.com, TANJUNGPINANG — Gubernur Kepri, Nurdin Basirun didampingi Wakil Gubernur Kepri, Isdianto menyerahkan Sertifikat Tanah untuk Rakyat di Kota Tanjungpinang yang dipusatkan di halaman Gedung Daerah, Kamis (11/4) pagi.

Sebagai perpanjangan tangan dari Pemerintah Pusat, Nurdin selaku Gubernur mengatakan bahwa beragam upaya dan langkah-langkah konkret terus dilakukan dalam mewujudkan kesejahteraan masyatakat secara nyata dan merata.

“Pemerintah terus berupaya untuk menjawab kebutuhan masyarakat, ini dibuktikan dengan program sertifikat tanah untuk rakyat,” kata Nurdin.

Sertifikat tanah dinilai Nurdin begitu penting bagi masyrakat, karna didalamnya bernilai kepastian hukum yang kuat dalam menjaga hak masyarakat, selain itu keberadaan nya juga dapat mengalirkan perekonomian untuk terus maju dan menguat.

“Dengan adanya sertifikat ini tentu kami meminta masyarakat dapat memanfaatkan nya dengan sebaik mungkin,” pesan Nurdin.

Tidak hanya program sertifikat tanah, dilanjutkan Nurdin bahwa Pemerintah dibawah Kepemimpinan Presiden Jokowi terus berinovasi dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat, seperti dana desa, beragam kartu yakni Indonesia Sehat dan Indonesia Pintar juga pembangunan infrastruktur yang terus digesa.

Baca Juga :  Kemaritiman Kepri Dipertegas dengan Produk Berkualitas

“Maka dukungan semua pihak sangat penting untuk mewujudkan setiap pembangunan dapat tercapai serta tak kalah pentingnya adalah doa dari masyarakat bapak ibu sekalian agar pembangunan tersebut dapat berjalan lancar,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul mengatakan bahwa tanah merupakan aset penting yang harus dikelola tanpa adanya sengketa, maka keberadaan sertifikatnya merupakan hal yang penting sebagai dasar kepastian hukum yang kuat.

“Sertifikat ini sangat penting sebagai dasar hukum yang kuat yang otomatis dapat mengurangi sengketa yang ada,” kata Syahrul.

Pemko Tanjungpinang kata Syahrul, juga terus mendukung penuh program Pemerintah Pusat ini. Dibuktikan dengan memfasilitasi sosialisasi tingkat Kelurahan serta membuat tim pendamping PTSL bekerjasama dengan BPN Kota dalam mendata masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

Baca Juga :  Temui Menteri, Gubernur Bahas Pasar dan Pelabuhan

“Semoga sertifikat tanah ini nantinya dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk keperluan dan kebutuhan masyarakat,” lanjut Syahrul.

Kemudian, Kepala Kanwil BPN Provinsi Kepri Asnawati melaporkan sampai tahun 2019 ini untuk Kepri sendiri terdapat 756.256 ribu bidang tanah dan yang telah terdaftar sebanyak 546.376 ribu bidang dengan persentase 72,06 persen.

Untuk Kota Tanjungpinang sendiri dari data tahun 2018 lalu target sertifikat tanah sebanyak 5.000 bidang dengan persentase sebesar 99,8 persen. Dan pada tahun 2019 ini siap di serahkan sertifikan sebanyak 2.234 bidang tanah yang diperuntukan bagi Kecamatan Tanjungpinang Kota, Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang Barat dan Bukit Bestari.

Penyerahan Sertifikat tanah sendiri secara rinci di berikan di Kelurahan Batu IX 640 sertifikat, Kelurahan Kota Piring 40 sertifikat, Kelurahan Pinang Kencana 148 sertifikat, Kelurahan Air Raja 169 sertifikat, Kelurahan Kampung Bulang 19 sertifikat , Kelurahan Kampung Bugis 628 sertifikat, Kelurahan Senggarang 134 sertifikat, Kelurahan Tanjung Ayun Sakti 144 sertifikat, Kelurahan Tanjung Unggat 202 sertifikat, Kelurahan Tanjungpinang Timur 44 sertifikat dan Kelurahan Tanjungpinang Barat 66 sertifikat.

Baca Juga :  Semua Harus Berpartisipasi Membuat Kepri Kondusif

Asnawati melanjutkan, Penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat merupakan salah satu program prioritas sehingga pemetaan bidang tanah dapat dilakukan dengan sistematis juga lengkap. Program ini merupakan wujud nyata kepedulian dan cinta pemerintah kepada masyarakat.

“Kegiatan ini merupakan bukti nyata dari kepedulian Pemerintah untuk senantiasa berusaha terus mengakomodir kebutuhan masyarakat dalam rangka mewujudkan kesejahteraan,” kata Asnawati.

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota DPR RI Dapil Kepri Ria Dwi Latifa, Ketua DPRD Provinsi Kepri Jumaga Nadeak, Sekretaris Daerah TS Arif Fadillah, Danlanud RHF Kolonel Pnb Elistar Silaen, sejumlah Kepala OPD, Rektor UMRAH Syafsir Akhlus, Ketua LAM H Abdul Razak, Tokoh Masyarakat beserta tamu undangan lainnya.(RK/R)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *