Anak-anak Riau Dalam Bingkai Seni Tradisi

RiauKepri.com, PEKANBARU- Untuk tahun kedua kegiatan Pusat Seni Anak ditaja oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau. Mengangkat tema “Anak-anak Dalam Bingkai Seni Tradisi ” Sabtu, (13/04/2019). Acara dibuka oleh Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten I Setdaprov Riau, H. Ahmad Syah Harrofie.

Suasana di Gedung Olah Seni Taman Budaya Riau menjadi riuh dengan aksi para instruktur dan peserta yang tampil memukau.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen dalam laporannya mengatakan, bahwa Bidang Bahasa dan Seni selaku panitia inti dari Dinas Kebudayaan Provinsi Riau telah melakukan tahapan seleksi terhadap 50 orang pelajar dari berbagai sekolah dasar negeri maupun swasta. Kemudian tersaring 20 orang anak yang terbagi menjadi 2 orang di bidang vokal, 9 orang di bidang tari, dan 9 orang di bidang musik.

“Kami berharap di tahun depan bisa melatih anak lebih banyak lagi, untuk itu semoga pihak Kemendikbud melalui Direktur Kesenian bersedia mendukung kegiatan ini dengan sharing budget,” sebut Kadisbud Riau di hadapan Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Dr. Restu Gunawan, M.Hum yang menghadiri acara ini.

Baca Juga :  Sempena HKN ke 55, Empat Puskesmas Gerbang Laksamana Gelar Lomba Penyuluhan Tingkat Pelajar

Dalam kesempatan berikutnya, Dr. Restu Gunawan, M.Hum menyampaikan pengarahan dan mengapresiasi. Menurut Restu pelatihan semacam ini sangat membantu perkembangan anak untuk kreatif dan memiliki nilai tambah dengan mahir di bidang seni. Sehingga jika dewasa nanti seandainya mereka (peserta, red) menjadi dokter, maka dokter yang bisa bermain musik.

“Saya informasikan kepada orangtua yang hadir di sini bahwa Kemendikbud memiliki banyak program yang bisa diikuti. Dalam waktu dekat akan dilaksanakan program Belajar Bersama Maestro. Ini waktunya bersamaan dengan saat libur sekolah. Jadi, pelajar bisa memilih untuk living dan belajar dengan maestro di tempat tinggal sang maestro tersebut,” jelas Restu merespon antusias orangtua mengantar anaknya ke Pusat Seni Anak.

Baca Juga :  Syamsuar Siap Wujudkan Kerja Sama APIP dan APH Cegah Korupsi

Dalam sambutan Gubernur Riau, yang dibacakan H. Ahmad Syah Harrofie, bahwa Gubernur sangat mengapresiasi upaya pembinaan yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau yang terkait upaya pengenalan dan penanaman nilai-nilai budaya kepada generasi muda.

“Insya Allah bentuk-bentuk kegiatan seperti ini akan terus ditingkatkan ke jenjang lebih luas dengan melibatkan seluruh kabupaten dan kota dengan harapan dukungan dan kerjasama seluruh stakeholders kebudayaan di Bumi Lancang Kuning ini,” kata Drs. Syamsuar, M.Si dalam sambutannya.

Setelah acara resmi dibuka, ditandai pula dengan pemasangan Sebai oleh Ketua PKK dan Dharma Wanita Provinsi Riau, Hj. Misnarni Syamsuar bersama Baiduri Yoserizal selaku ketua Dharma wanita Persatuan Dinas kebudayaan Provinsi Riau. Usai dipasangkan, parade peserta pun digelar.

Baca Juga :  Pengabdian Dosen Unilak, Beri Pelatihan Manajemen Induvidu Kepada Siswa SMAN 3 Rumbai

Kompang berarak, syair, dan penyerahan kompang membuka pergelaran parade. Secara bergiliran para peserta tampil menunjukkan kemampuannya secara perorangan dan secara bersama-sama. Aksi memukau meskipun belum mendapatkan pelatihan khusus dan pembinaan yang akan dimulai beberapa hari lagi, namun penampilan seluruh peserta sangat mengesankan.

“Mereka akan kita bina dan latih sesuai waktu yang telah disusun bersama instrukturnya. Hasilnya akan kita lihat dan saksikan pada bulan agustus mendatang bersempena dengan Hari Jadi Provinsi Riau,” tambah Raja Yose menjawab pertanyaan pengunjung. (rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *