Masa Tenang, Satpol PP Dumai Lakukan Penertiban APK

Bambang Wardoyo

RiauKepri.com,DUMAI- Tahapan Pemilu tahun 2019 terus bergulir,.terhitung sejak Ahad (14/04/19), pukul 00.00 WIB sudah memasuki masa tenang.
Itu pula sebabnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Dumai bekerjasama dengan Satpol PP Kota Dumai melakukan penertibkan alat peraga kampanye (APK).

Kepala Satpol PP Dumai HR Bambang Wardoyo SH membenarkan bahwa memasuki masa tenang pihaknya menurunkan APK di Dumai. Penurunan APK dilakukan mengacu Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 tahun 2018 tentang Kampanye Pemilihan Umum

Menurut Bambang, penertiban APK di Dumai dilakukan dengan melibatkan 100 personel gabungan terdiri dari Satpol PP dan Bawaslu Kota Dumai serta instansi terkait lainnya.

Baca Juga :  CPI Lakukan Pelatihan Autocad Electrical di Unilak

“Sebanyak 100 personel gabungan Satpol PP dan Bawaslu serta instansi terkait lainnya kita turunkan menertibkan APK,” kata Bambang.

Seluruh APK yang terpasang di bilangan Sesuai pantauan di lapangan, jika sebelumnya APK kampanye banyak berdiri Jalan Sudirman, Jalan Bumi Ayu, Sultan Syarif Kasim dan Jalan Janur Kuning serta sejumlah jalan protokol lainnya kini sudah dibersihkan.

Bahkan, kata Bambang, penertiban APK Kampanye masih akan dilaksanakan hingga Selasa, 16 April 2019 dengan menyisir seluruh kecamatan se-Kota Dumai.

Sesuai peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 23 tahun 2018 pasal 34 ayat 8, APK harus diturunkan atau diturunkan peserta pemilu paling lambat satu hari sebelum hari pemungutan suara. Untuk itu pada saat minggu tenang jelang Pemilu serentak pada Rabu (17/4/19) seluruh kawasan harus steril dari APK kampanye.

Baca Juga :  Wako Dumai Paisal: PKH Harus Tepat Sasaran

“Penertiban kami lakukan selama tiga hari Minggu (14/4/19) sampai Selasa (16/4/19) dengan.menyisir seluruh kecamatan se-Kota Dumai ,” ujarnya dan menambahkan bahwa seluruh atribut partai yang tersebar di seluruh kecamatan juga akan diturunkan.

“APK maupun atribut partai politik dalam bentuk spanduk, baleho, spanduk Caleg hingga Capres dan Cawapres semuanya diturunkan,” ungkapnya. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *