Disnakertrans Turun ke Ivomas, Fadhly: Kami Minta Data Segera Diserahkan

HRD PT Ivo Mas Tunggal Dumai Otto sedang memberikan penjelasan kepada team Disnakertrans Dumai.

RiauKepri, DUMAI- Road Show team Disnakertrans Dumai ke perusahaan terus berlanjut. Teranyar, turun ke PT Ivo Mas Tunggal di Kecamatan Sungai Sembilan Selqsa (16/04/19). Tujuannya untuk mendata tenaga kerja dan serikat pekerja dan serikat buruh (SP/SB) di perusahaan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai H Suwandi SH M.Hum melalui Kepala Bidang (Kabid) Penyelesaian Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Muhmamad Fadhly SH menjelasan kunjungan team Disnakertrans Dumai disambut HRD PT Ivo Mas Tunggal Otto.

Pihaknya kata Fadhly, minta mananagemen PT Ivo Mas Tunggal untuk menyerahkan data kontraktor dan SP/ SB di perusahaan.

Kata Fadhly, managemen perusahaaan diminta untuk menyerahkan data pemborongan, jumlah tenaga kerja dan data SP/ SB diserahkan.

Baca Juga :  Wakili Riau di Jambore Nasional, Defille PKK Siak Pukau Jakarta

“Kami minta data ketenagakerjaan dan pemborongan serta data SP/ SB di perusahaan segera diserahkan, kalau bisa Selasa pekan depan sudah kita terima,” katanya Kamis (18/04/19).

Keterangan yang berhasil dirangkum Riaukepri.com menyebutkan bahwa setiap turun ke perusahaan team minta agar managemen perusahaan melengkapi data serikat pekerja dan data tenaga kerja untuk dilaporkan ke Disnakertrans Dumai.

Termasuk data tenaga kerja out sourching dan security, jam kerja bagi perusahaan out sourching di perusahaan harus dilaporkan.

“Data ketenagakerjaan di perusahaan dan semua kontraktor harus dilaporkan. Tak terkecuali data tenaga kerja termasuk alur pekerjaan kontraktor dilaporkan ke kantor Disnakertras Dumai,” pintanya.

Baca Juga :  Bupati Amril Ikuti Raker Bersama Gubri dan Mendagri di Pekanbaru

Pihak perusahaan nampaknya terbuka menerima kehadiran team Disnakertrans Dumai. Perusahaan termasuk PT Ivo Mas Tunggal berjanji akan melaporkan semua data yang diminta Disnakertrans Dumai.

“Mereka (managemen PT Ivo Mas Tunggal red) baru saja minta formulir untuk format laporan,” ujar Gurniawan seorang staf Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnakertrans Dumai.

Untuk diketahui, Disnakertrans Dumai turun perusahaan selain verifikasi SP/SB juga tentang penempatan tenagakerja.

Termasuk untuk mendata laporan struktur dan skala upah dan data kontraktor perusahaan dan jumlah naker PKWTT dan PKWT di perusahaan.

Baca Juga :  Kini, Bertani Padi di Siak Lebih Untung Daripada Berkebun Sawit

“Kami diminta wako Dumai untuk melaporkan data tenaga kerja yang bekerja di perusahaan di Dumai,” kata Fadhly.

Sesuai data ada sekitar 25 perusahaan yang akan dilakukan pemeriksaan ketenagakerjaan dan verifikasi SP/SB di Dumai.

Pemeriksaan Ketenagakerjaan dan Verifikasi SP/SB di perusahaan mengacu kepada UU No. 21 tahun 2000 tentang SP/SB dan UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Kepmenakertrans No; KEP/16/MEN/2001 tentang Tata Cara Pencatatan SP/SB serta permenakertrans RI. No. PER.06/MEN/IV/2005 tentang Pedoman Verifikasi SP/SB.

“Pemeriksaan data ketenagakerjaan perusahaan di daerah ini sangat perlu untuk mengetahui berapa sebenarnya tenagakerja yang terserap dan pengangguran di Dumai,” ungkap Fadhly lagi. (RK13)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *