SK Embarkasi Haji Antara Riau Keluar, Asrama Haji Perlu Diperbaiki

Gedung asrama haji Riau.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Begitu keluarnya Surat Keputuan (SK) penetapan embarkasi haji antara Riau oleh Kementrian Agama RI. Negeri Lancang Kuning ini harus berbenah, salah sarutunya memperbaiki asrama haji yang saat ini dinilai sejumlah fasilitas dalam keadaan rusak.

Pemprov Riau juga akan segera menggelar rapat koordinasi dengan kabupaten dan kota se Provinsi Riau guna membahas pelaksanaan keberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) asal Riau pada musim haji tahun ini.

Asisten I Setdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie, Kamis (18/4/2019) mengatakan, dalam rapat koordinasi tersebut juga akan membahas soal persiapan lelang lewat dan akomodasi lainnya.

“Nanti kita bahas dalam rapat itu seperti apa teknisnya. Sebelum itu, kita lakukan langkah-langkah konsultasi dan koordinasi tentang tata cara pelelangan dan pelaksanaan,” katanya.

Baca Juga :  Di Inhu, PT Artelindo Masuk Zona Rawan Karlah

Selain itu, pihaknya akan melakukan konsultasi dengan berbagai pihak soal simulasi keberangkatan jemaah via bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru.

“Nanti kita lakukan simulasi keseluruhan, mulai dari jemaah datang di embarkasi sampai berangkat via bandara menuju Embarkasi Batam,” ujarnya.

Sementara terkait kondisi asrama Embarkasi Antara Riau Ahmad Syah tidak menapik masih adanya beberapa yang perlu dilakukan perbaikan seperti lemari rusak, pintu goyang dan lainnya. Namun hal tersebut tidak akan menggangu proses pelaksanaan rangkaian kedatangan dan kebarangkatan calon jamaah haji selama berada di embarkasi.

“Nanti kita lakukan pengecekan terakhir, apa yang kurang dan mana yang perlu diperbaiki, segera kita lakukan perbaikan,” ujarnya.

Baca Juga :  Plh Gubri Tanda Tangani Hibah 3 Blok Asrama Haji

Seperti diketahui, SK penetapan Embarkasi Haji Antara Riau dari Kamentrian Agama (Kemanag) RI, akhirnya ada titik terang. Kabar terbaru, SK penetapan embarkasi haji antara Riau dan sejumlah daerah lainya di Indonesia sudah tandatangani oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Provinsi Riau, Mahyudin Rabu (17/4/2019) membenarkan terkait kabar SK Embarkasi Haji Antara Riau yang sudah dikeluarkan oleh Kemenag.

“SK Embarkasi Antara Riau sudah diteken Menteri dan sudah keluar beberapa hari lalu. Tapi kami baru kemarin kami mendapat salinannya dikirim lewat WhatsApp,” kata Mahyudin.

Dengan ditetapkannya SK embarkasi haji antara Riau tersebut, maka mulai musim haji tahun ini, calon jemaah haji asal Riau tidak perlu lagi harus menginap di Embarkasi Haji Batam seperti yang selama dilakakukan.

Baca Juga :  Sempena HKAN 2018, KKM Putri Hijau Bengkalis Pamerkan Kreativitas

Setelah SK penetapan embarkasi haji antara Riau ini dikeluarkan, maka selanjutnya SK tersebut akan diserahkan langsung oleh Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) dalam waktu dekat ini kepada Gubernur Riau.

“Nanti SK diserahkan secara resmi oleh pak Dirjen PHU kepada pak Gubernur Riau. Kapannya, sekarang kita sedang cari waktu penyerahannya,” ujarnya.

Selanjutnya Pemprov Riau bisa langsung melakukan persiapan lelang pesawat dan persiapan panitia penyelenggara haji daerah.

“Termasuk nanti kita lakukan simulasi keberangkatan calon jemaah haji via bandara dan lainnya,” katanya. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *