Alfedri: Agar Lebih Semarak Kedepan Haul Sultan Libatkan Masyarakat Luas

Gubernur Riau, Syamsuar, saat menghadiri haul sultan di Siak 2019.

RiauKepri.com, SIAK- Bupati Siak, Alfedri, mengatakan, Sultan Siak contoh pemimpin yang alim dan amanah, beliau segenap kekuasaan, harta benda telah disumbangkan untuk mendukung kemerdekaan negara kesatuan NKRI semasa Presiden Sukarno.

Haul Sultan Siak ini adalah salah satu cara untuk mengenang sekaligus penghormatan kepada Sultan. Sultan dianggap telah berjasa besar kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kegiatan ini kita lakukan selain menghargai jasa para sultan, juga melalui kegiatan ini kita bersama-sama mendoakan para sultan Siak. Juga mendoakan negri ini agar selalu diberkahi dan dilindungi oleh Allah SWT,” kata Alfedri pada acara Haul Sultan 2019 di Panggung Siak Bermadah, Minggu (21/4/19).

Baca Juga :  Bupati Amril Lantik 11 Kades Kecamatan Bengkalis dan Bantan

Alfedri berharap, kegiatan tahunan tersebut lebih semarak, dengan melibatkan masyarakat, Kerabat Sultan, tokoh Siak yang berada di luar Kabupaten Siak.

“Melalui kegiatan zikir dan doa bersama ini, juga dalam rangka menyambut bulan Suci Ramadhan yang tidak beberapa lama lagi, semoga sultan yang berjasa kita doakan mendapat tempat yang layak di sisi ALLAH SWT,” harapnya.

Gubernur Riau, Syamsuar, menceritakan secara ringkas tentang perjuangan para Sultan Siak untuk negeri ini, hingga keberhasilannya bisa dirasakan sampai saat ini, baik dalam pembangunan infrastruktur hingga peningkatan ekonomi untuk rakyat.

Baca Juga :  Karhutla di Riau Capai 2.445 Ha, Paling Parah di Meranti

Orang nomor satu di Riau itu berharap agar para sultan Sultan Siak yang lain bisa mendapatkan gelar pahlawan, semua itu dikarenakan perjuangan mereka untuk negeri ini begitu sangat besar.

“Zaman dahulu Sultan Siak juga menyiapkan infrastruktur, pendidikan keagamaan untuk masyarakat. Misalnya membangun Bandara Simpang Tiga yang diresmikan oleh Sultan Syarif Kasim untuk kemajuan ekonomi,” sebut Syamsuar.

Rangkaian Haul Sultan 2019 sebelum puncak acara di multi, rombongan Bupati Siak beserta Gubernur Riau Syamsuar berserta para habib dan rombongan melakukan ziarah bersama di Komplek Pemakanaman Masjid Syahbuddin.

Baca Juga :  2 Pegawai Unilak Purna Bhakti, Rektor Ucapkan Terima Kasih

Kamudian ziarah makam dilanjutkan ke komplek pemakamakam Koto Tinggi yang jaraknya tidak jauh dari lokasi acara.

Zikir dan doa dipimpin langsung Habib Nagib Bin Syekh Abu Bakar turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Siak TS Hamzah, Kakan Kemenag Muharom, Ketua Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Siak, tokoh Agama serta Unsur Forkompinda yang hadir serta tamu undangan lainnya. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *