Lagi, Disnakertran Dumai Turun ke IBP

Team Disnakertrans Dumai saat turun ke lapangan.

RiauKepri.com, DUMAI– Team Disnakertrans Kota Dumai turun lagi ke perusahaan di kawasan industri Lubukgaung, Senin (29/04/19). Perusahaan yang dituju PT Inti Benua Perkasatama (IBP) Lubukgaung, Kecamatan Sungai Sembilan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi (Disnakertrans), Dumai H Suwandy SH M.Hum melalui Kabih Hubungan Industrial dan Syarat Kerja, Muhammad Fadfly, menjelaskan pihaknya turun ke lokasi industri guna melakukan pendataan tenaga kerja dan serikat pekerja dan serikat buruh (SP/SB) di perusahaan.

Untuk itu kata Fadhly, perusahaan diminta ukntuk melaporkan data ketenagakerjaan dan SP/SB. Termasuk jam kerja bagi perusahaan out sourching di perusahaan harus dilaporkan.

“Data ketenagakerjaan di perusahaan termasuk alur pekerjaan kontraktor harap dilaporkan ke kantor Disnakertras Dumai,” pintanya.

Baca Juga :  Disperkimtan Akan Tindak Petugas yang Lakukan Pungli terhadap Penerima Bantuan Bedah Rumah

Pihak perusahaan nampaknya terbuka menerima kehadiran team Disnakertrans Dumai. Buktinya managemen PT IBP Lubukgaung Cindy bersama staff menyambut dengan tangan terbuka.

Menurut CIndy, SP/ SB di perusahaan PT IBP Lubukgaung ada dua yakni Kamifarho SBSI dan Serikat Pekerja Mandiri.

“Managemen perusahaan diminta untuk memberikan data tenagakerja di perusahaan. Begitu juga data SP/SB di perusahaan juga dilaporkan,” tambah Fadhly.

Begitu juga struktur dan skala upah serta data kontraktor perusahaan dan jumlah naker PKWTT dan PKWT di perusahaan harap dilaporkan.

“Kami diminta wako Dumai untuk melaporkan data tenaga kerja yang bekerja di perusahaan di Dumai,” katanya.

Baca Juga :  Dor! Kawanan Rampok di ATM Pekanbaru Tembak Satpam

Usai dari PT IBP kunjungan Team Disnakertrans Dumai berlqnjuy ke PT Pacific Indopalm Industries (PII) masih di lokasi industri Lubukgaung.

Team Disnakertrans disambut langsung oleh GM PT PII Lubukgaung Ali. Sama seperti di perusahaan lain, team Disnakertrans Dumai.juga minta perusahaan untuk membuat laporan ketenagakerjaan dan SP/SB dengan meninggalkan forrmulir yang akan diisi perusahaan Dumai.

“Kami sudah meninggalkan form data ketenagalerjaan dan SP/SB yang akan diisi managemen perusahaan (PT IBP dan PT PII red) untuk diantar Senin nanti,” jelas Gurniawan seorang staf pelaksana bidang Syarat Kerja Disnakeryrans Dumai kepada riaukepri.com melalui aplikasi WA Senin malam ini.

Baca Juga :  5 Anggota KPPS Riau Meningal, 18 Sakit, Biaya Tanggung Sendiri

Sesuai data yang diterima riaukepri.com menjelaskan ada sekitar 25 perusahaan yang akan dilakukan pemeriksaan ketenagakerjaan dan verifikasi SP/SB di Dumai.

Pemeriksaan Ketenagakerjaan dan Verifikasi SP/SB di perusahaan mengacu kepada UU No. 21 tahun 2000 tentang SP/SB dan UU No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Kepmenakertrans No; KEP/16/MEN/2001 tentang Tata Cara Pencatatan SP/SB serta permenakertrans RI. No. PER.06/MEN/IV/2005 tentang Pedoman Verifikasi SP/SB.

“Pemeriksaan data ketenagakerjaan perusahaan di daerah ini sangat perlu untuk mengetahui berapa sebenarnya tenagakerja yang terserap dan pengangguran di Dumai,” ungkap Fadhly lagi. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *