MerantiRiau

Tinjau Pompes Darul Fikri Banglas, Ini Kesan yang Dirasakan Gubri

RiauKepri.com, MERANTI– Usai melaksanakan Salat Subuh berjemaah di Masjid Ar-rahmah, Banglas, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Meranti, Gubernur Riau Drs H. Syamsuar MS.i, melakukan peninjauan pembangunan Pondok Posantren Darul Fikri, Banglas Barat.

Syamsuar melakukan peninjauan tersebut bersama Danrem 031 Wirabima, Brigjen Muhamad Fajar, Wakil Bupati Meranti Said Hasyim, Ustadz Zulhendri Rais Lc, serta sejumlah pejabat tinggi Provinsi Riau dan Meranti.

Posantren itu berada di atas lahan gambut seluas 3,5 hektar. Begitu sempai di ponpes terlihat 5 bangunan, 1 bangunan permanen, dan 4 bangunan lainya terbuat dari papan.

Rincian banginan itu, 2 bagunan saung terbuat dari papan tempat santri belajar. Namun baru 1 saung yang bisa difungksikan karena yang satu lagi dalam proses pembangunan. Bahkan saung yang sudah difungaikan itu juga dijadikan tempat ibadah.

Dua bagunan lainnya yang terbuat dari papan adalah asrama santri dan santriwati. Masing-masing bangunan ada dua pintu, satu pintu berisikan 14 santri dengan 7 dipan bertingkat.

Setiba di Ponpes yang batu pertama pembangunannya dilakukan Ustad Abdul Somad (UAS), Syamsuar langsung masuk ke asrama. “Wah sejuk, ditambah pakai kipas angin macam pakai Ac jadinya,” kesan Syamsuar.

Bagunan ini, kata Pimpinan Ponpes Ustadz Fauzi, sengaja dibuat dengan bahan kayu. Dengan demikian, rasanya lebih nyaman dan alami.

Ustadz Fauzi bersama pengurus lainnya, juga menjelaskan kepada gubernur Syamsuar, bahwa belajar di Darul Fikri tidak hanya bahasa Arab tapi juga ada bahasa Inggris.

“Keunggulan pelajaran kita kewirausahaan karena kita juga ingin menciptakan pengusaha yang tahu tentang agama,” ucap Ustadz Fauzi.

Saat ini, sejak dibuka pendaftaran sebulan lalu sudah 45 orang santri dan santriwati yang sudah mendaftar di Darul Fikri. “Untuk santri mualaf, dhuafa, dan yatim kami bebaskan uang mondok,” ujar Fauzi.

Baca Juga :  Gubri: Sedapnyo Kopi Sempian

Syamsuar menyebutkan, dia sangat mengapresiasi berdirinya Posantren Darul Fikri Karenanya, orang nomor satu di Riau ini mengajak semua pihak
untuk mendukung posantren dalam melahirkan anak-anak soleh dan soleha serta ulama.

“Semoga posantren ini melahir anak-anak yang soleh dan soleha, serta ulama yang handal. Menarik, ponsantren ini juga melahirkan pengusaha yang tahu soal agama,” ucap Syamsuar. (RK1)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *