BudayaPekanbaruRiau

Sandiaga Uno Bedah Buku “Hikayat Suara-suara” TIJ

RiauKepri.com, PEKANBARU – Warna kedatangan Sandiaga Uno ke tanah kelahirannya, Pekanbaru, Riau, Sabtu besok (18/5/2019), amat berbeda dibandingkan sebelumnya. Biasanya, kedatangannya terutama berkaitan dengan ekonomi dan politik–apalagi sebagai cawapres–kali diisi oleh acara sastra. Ia menjadi pembicara utama bedah buku kumpulan cerpen Taufik Ikram Jamil (TIJ) yang baru diterbit oleh Kompas bertajuk “Hikayat Suara-suara”, dua bulan lalu.

Ketua Pancang Literasi yang memfasilitasi kegiatan tersebut, Bambang Kijok mengatakan, acara dilaksanakan di anjungan Kampar dalam komplek Bandar Seni Raja Ali Haji, Pekanbaru, pukul 14.30. “Kami mengundang masyarakat untuk menghadiri acara itu, apalagi bagi sastrawan maupun penggiat literasi,” kata Bambang.

Selain Sandiaga, ikut sebagai pembicara adalah budayawan yang juga kritikus sastra Riau Dr Junaidi. Setelah tanya jawab, acara yang dipandu sastrawan yang juga akademisi, Jefri al-Malay, M.Sn, ditutup dengan buka bersama. Sandiaga akan pulang ke Jakarta menjelang berbuka, penerbangan terakhir Sabtu.

Menurut Bambang, kegiatan ini tentu menarik. Setidak-tidaknya, kita diperlihatkan bagaimana seorang Sandiaga yang sibuk sebagai pembisnis dan politikus, bahkan cawapres, masih menyediakan waktu untuk sastra. “Sastra memang milik semua orang kan?” tutur Bambang.

Buku kumpulan Cerpen Taufik Ikram Jamil pula, lanjut Bambang, memiliki berbagai kebaruan. Paling tidak, inilah kumcer yang semua judulnya sama, hanya dibedakan angka. Wujud semacam ini belum pernah ada dalam sejarah cerpen Indonesia. Di sisi lain, ia dipandang mengeksplor kata-kata— memperlihatkan kemampuan Melayu dalam berbahasa— bagaimana kata “suara” memiliki dimensi yang sangat luas termasuk menjangkau wilayah religiusitas.

“Hikayat Suara-suara” merupakan kumcer Taufik keempat, selain buku-buku puisi dan novel. Beberapa penghargaan daerah dan nasional untuk sastra, sempat diraih Taufik. Ia juga aktif dalam berbagai kegiatan budaya, kini juga duduk sebagai Sekretaris Umum Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu Riau (MKA LAMR). (RK2)

Baca Juga :  Zuriadi Komit Pulangkan Mahasiswa, Akui Lakukan Pelangaran Kampanye
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *