Petinggi Riau Picu Semangat Gemar Siak Berzakat, Syamsuar Pengetuk Pintu Hati

Syamsuar menjadi amil menerima zakat dari Alfedri.

RiauKepri.com, SIAK– Tak tangung-tanggung, tiga petinggi Riau, mulai dari gubernur, wakil gubernur, hingga Sekdaprov Riau hadir pada helat Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat VI yang berlangsung di Masjid Sultan Syarif Hasyim atau Islamic Center.

Dalam sambutannta, Bupati Siak, Drs H Alfedri MSi, menyebutkan, kehadiran Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Wakil Gubernur Edy Natar Nasution, dan Sekda Provinsi Riau, Ahmad Hijazi, menjadi pemicu semangat baru bagi masyarakat untuk membayar zakat.

“Gemar Siak Berzakat VI ini sangat istimewa jika dibandingkan dengan tahun-tahun lalu. Karena tiga petinggi Riau hadir,” kata Alfedri

Meningkatkan antusias masyarakat Siak berzakat saat ini, ungkap Alfedri, tak lepas dari peran Pak Syamsuar saat menjabat sebagai bupati Siak.

Baca Juga :  Nunggak Listrik Rp 37 M, Bila Malam Pekanbaru Terasa Horor

“Pak Syamsuar yang terus mensosialisasikan zakat serta mewajibkan ASN berzakat, dan mampu menggerakkan hati umat muslim untuk berzakat,” ungkap Alfedri.

Selain Pak Syamsuar rutin mensosialisasikan zakat dalam setiap kegiatannya ke 14 kecamatan di Siak, cerita Alfedri, juga rutin melakukan safari Jumat dan mengajak masyarakat berzakat melalui badan amil zakat yang resmi seperti Baznas Siak.

“Sekarang terbukti, jumlah zakat di Kabupaten Siak terus meningkat dari tahun ke tahun hingga mencapai Rp 11 miliar dan hampir 60 persen zakat yang masuk itu dari masyarakat, sisanya daru ASN,” ujar Alfedri.

Baca Juga :  Upacara Peringatan HGN di Bukit Batu Berlangsung Khidmat

Sementara itu, Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MS.i, menyebutkan perkembangan zakat di Siak ini cukup tinggi dibandingkan sejumlah Kabupaten lainnya di Riau. Kabupaten terdekat seperti Bengkalis saja baru berhasil mengumpulkan zakat senilai Rp500 juta sementara Siak sudah mendacapi Rp11 miliar lebih.

Pemprov Riau, ujar Syamsuar, akan membuka Gemar Riau Berzakat perdana. Dia akan mengumpulkan semua lembaga zakat yang ada di Riau seperti Laznas, Dompet Dhuafa, Rumah Zakat dan lainnya untuk menyamakan persepsi membantu masyarakat miskin di Riau.

“Lembaga zakat selain Baznas ini juga sangat potensial dalam pengumpulan zakat. Seperti Laznas saja dalam setahun berhasil mengumpulkan Rp 6 miliar. Artinya program santunan untuk masyarakat miskin dari lembaga zakat yang ada di Riau ini sangat membantu pemerintah daerah,” ungkap Syamsuar.

Baca Juga :  Pengambil Keputusan tak Hadir Mediasi Pekerja PT Berjaya Group Dilanjutkan Rabu

Di pengujung helat itu, Syamsuar menyerahkan zakatnya sebesar Rp 25 juta dan diterima Bupati Siak Alfedri sebagai amil. Setelah itu, giliran Syamsuar pula menjadi amil dari zakat yang diserahkan Alfedri sebesar Rp 10 juta.

Tampak juga Wakil Gubernur dan Sekda Riau menjadi amil zakat dan menerima zakat dari PT BSP, serta OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Siak. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *