Alhamdulillah, Target Gemar Siak Berzakat Rp 2,1 M Tercapai

Bupati Siak Alfedri saat memberi santunan.

RiauKepri.com, SIAK– Target Gerakan Masyarakat (Gema) Siak Berzakat selama Ramadan 1440 hijiriah sebesar Rp 2,1 miliar tercapai. Angka ini akan bertambah karena masih ada dua kecamatan yang masih berlangsung pada kegiatan yang sama.

Terkait hal itu, Bupati Alfedri memberikan apresiasi secara khusus kepada pihak pemerintah kecamatan dan unit-unit UPZ, terutama yang ada di Kecamatan Kerinci Kanan, atas pencapaian nilai pengumpulan dana zakat yang cukup tinggi pada tahun ini.

Berkat kegigihan pihak terkait dalam mengajak para muzakki untuk berzakat, pada pelaksanaan Gemar Berzakat di Kecamatan Kerinci Kanan mampu mengumpulkan zakat mencapai Rp 372.3 juta.

Baca Juga :  16 Penambang Emas Ilegal Ditangkap Polisi Kuansing

Hal tersebut terungkap saat pelaksanaan Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat ke 6 Tahun 2019 di Masjid Babussalam Kampung Bukit Harapan Kecamatan Kerinci Kanan, Ahad (26/05/19).

“Pencapaian ini merupakan jumlah pengumpulan terbanyak sejauh ini dari 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Siak, selain dari Kecamatan Siak dan Mempura. Semoga menjadi contoh bagi UPZ dikecamatan lainnya,” sebut Alfedri.

Kedepan Alfedri berencana akan mengarahkan pola distribusi zakat produktif Badan Amil Zakat (Baznas) Kabupaten Siak kearah program pemanfaatan disektor agrobisnis.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan kaum duafa, program Baznas akan memfasilitasi agar saudara kita kaum dhuafa lewat program zakat produktif dapat melakukan usaha budidaya ubi casesa (ubi racun) yang prospek pasarnya saat ini cukup menjanjikan” kata Alfedri.

Baca Juga :  Dinas Sosial Bengkalis Gelar Sosialisasi Bansos Pangan Rastra

Apalagi saat ini, kata dia, pihak BAZNAS telah menandatangani MoU bersama pihak perusahaan Tepung Tapioka PT Asrindo Subur Makmur yang berlokasi di Kecamatan Kandis.

“Mari kita fasilitasi pemanfaatan lahan tidur untuk dijadikan lahan produktif khusus untuk para mustahik, lewat budidaya ubi casesa tersebut,” ajak Alfedri.

Sementara itu Ketua Baznas Kabupaten Siak Abdul Rasyid Suharto Pua Upa melalui Ketua 1, Samparis bin Tatan, mengatakan, kegiatan Gemar VI yang saat ini dilaksanakan di Kecamatan Kerinci Kanan pengumpulan dana zakatnya mengalami kenaikan hingga 78 persen dari jumlah pengumpulan zakat pada tahun sebelumnya di tahun 2018.

Baca Juga :  Dugaan Money Politik Caleg MS di Dumai, Pelapor Terima Uang Dari Timses

“Kita patut memberi apresiasi kepada pihak kecamatan dan UPZ se Kecamatan Kerinci Kanan,” kata dia.

Untuk sementara, perolehan dana zakat pada pelaksanaan Gemar Siak Berzakat ke 6 tahun 2019, telah mencapai target Rp 2,1 miliar yang ditetapkan. Padahal pelaksanaan kegiatan Gemar Berzakat masih menyisakan dua kecamatan lagi yaitu, Kecamatan Bungaraya dan Kecamatan Koto Gasib dalam beberapa hari kedepan.

“Kita berharap di dua kecamatan ini nanti pengumpulannya juga meningkat dari tahun kemarin” ujar Samparis. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *