Pendaftaran Konsultan Relawan Sekolah Literasi Indonesia Segera Dibuka

RiauKepri.com, BOGOR –  Sekolah Literasi Indonesia (SLI) adalah salah satu program dari Dompet Dhuafa Pendidikan. Dalam waktu dekat, SLI akan membuka pendaftaran bagi para relawan yang memiliki ketertarikan di dunia pendidikan.

SLI sendirimerupakan sebuah ikhtiar untuk mewujudkan model sekolah berkualitas yang berkonsentrasi pada peningkatan kepemimpinan sekolah, sistem pembelajaran, dan budaya sekolah dengan kekhasan literasi. Sejak digulirkan pada tahun 2016, program ini telah memberikan manfaat yang signifikan terhadap pendidikan Indonesia. Sebanyak 68 sekolah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia telah didampingi melalui SLI. Tidak hanya berhenti untuk dirinya sendiri, namun sekolah-sekolah tersebut jugamen jadi rujukan bagi sekolah sekitarnya.

Baca Juga :  Bocah Bocor Jantung Asal Takengon Meninggal Dunia di Rs. Jantung Harapan Kita Jakarta

Upaya SLI untuk mewujudkan model sekolah berkualitas adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan terhadap kepala sekolah dalam suatu wilayah. Pelatihan dimaksudkan untuk menambah kapasitas diri kepala sekolah, sedangkan pendampingan dimaksudkan untuk memastikan kepala sekolah mampu mengimplementasikan hasil pelatihan di sekolahnya, khususnya penerapan konsep program ini sendiri.

SLI jugameng optimalkan perpustakaan sekolahse bagai Pusat Sumber Belajar, sehingga diharapkan mampu meningkatkan budaya literasi siswa dan guru. Selain itu, untuk menunjang tumbuh dan menguatnya budaya literasi di masyarakat, SLI juga mengoptimalkan peran TBM (Taman Bacaan Masyarakat) yang berada di wilayah program.

Baca Juga :  Membangun Keluarga Berarti Membangun Masyarakat

Pada pelaksanaannya, SLI memberdayakan Konsultan Relawan SLI (Kawan SLI) sebagai pendamping sekolah di wilayah program. Kawan SLI adalah SDM yang dipilih secara profesional melalui proses seleksi secara nasional, kemudian diberikan pembekalan dan pembinaan selama dua bulan di Bogor. Setelah melalui proses seleksi dan pembinaan, Kawan SLI siap untuk ditempatkan selama satu tahun di daerah program.

Selain fokus untuk meningkatkan kualitas sekolah, SLI juga diharapkan mampumenjadi sekolah kepemimpinan bagi para pemuda yang tergabung sebagai Kawan SLI. Melalui program ini, para pemuda tersebut diberikan kesempatan yang luas untuk mengembangkan diri, baik dalam bidang pedagogi, andragogi, training dan coaching, serta kemampuan bersosialiasi.

Baca Juga :  KLHK Mantapkan Persiapan Pembangunan IKN Ramah Lingkungan

Demikianlah, SLI sejatinya adalah sebuah kontribusi nyata dalam upaya turut serta memajukan bangsa, baik melalui pendidikannya, mau pun pemudanya. Maka, mari turut ambil bagian dalam kerja kebaikan ini. (Rls)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.