Gubri Canangkan Iklan Berbahasa Melayu, LAMR Mengapresiasi

Petinggi LAMR saat beraudensi dengan gubenur Riau.

RiauKepri.com, PEKANBARU- Gubernur Riau Drs H. Syamsuar MS.i sudah mencanangkan kalimat pada iklan dan imbauan yang dikeluarkan Pemerintah Provinsi Riau berbahasa Melayu. Tak hanya itu, juga diupayakan ada huruf Arab Melayu dalam iklan tersebut.

Hal ini diungkapkan Syamsuar saat beraudensi dengan sejumlah pimpinan Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), di ruang kerjanya, Senin (10/6/2019) petang.

Tak hanya masalah iklan dan imbauan berbahasa Melayu, Syamsuar juga akan mengeluarkan Peraturan Gubernur (Pergub) yang baru tentang memakai baju Melayu lengkap.

“Insya Allah, saya sudah berencana kalimat pada iklan dan imbauan nantinya berbahasa Melayu. Saya juga akan mengeluarkan Pergub baru tentang berpakaian Melayu. Pergub lama memang sudah ada, namun maklumlah kita ini manusia sering lupa jadi kami buat yang baru lagi,” ungkap Syamsuar.

Baca Juga :  Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0, Ini yang Dilakukan Unilak

Adapun tujuan Syamsuar membuat iklan berbahasa Melayu karena dia ingin
mengkampanyekan Melayu di Riau. Sebab, Melayu adalah jati diri Provinsi Riau.

Gubernur Syamsuar juga sempat bercerita ketika dia masih menjabat sebagai bupati Siak, pernah pergi ke Jeddah dan bertemu dengan Duta Indonesia di Jeddah.

“Saat itu orang Kedutaan Indonesia di Jeddah bertanya, di Riau name tagnya (tanda pengenal) cukup bagus dan unik ada tulisan apa tu? Saya jelaskan kepada orang kedutaan itu, ada huruf Arab Melayu. Ini artinya apa? Bahwa, jati diri kitalah hingga membuat orang lain mengingatkan kita, mengenal kita. Jadi, jati diri itu sangat penting dalam berbagai hal,” ucap Syamsuar.

Baca Juga :  Diduga Jadi Bandar Sabu, Dirut BPR Rohul Ditangkap Polisi

Keinginan orang nomor satu di Riau itu, bak gayung bersambut. Ketua Umum MKA LAMR Al azhar menyebutkan pihaknya sangat mendukung dan mengapresiasinya.

“Keinginan itu perlu kita sambut dan apresiasi. Sebab, hal ini bagian dari kearifan lokal yang patut kita junjung. Berbahasa Melayu di ruang publik,” ungkap Al azhar.

Tampak hadir dalam audensi tersebut, selain Ketua Umum MKA LAMR Al azhar, juga ada Ketua Umum DPH LAMR Syahril Abubakar, Ketua MKA Yoserizal Zen, Sekum MKA Taufik Ikram Jamil, dan Sekum DPH Nasir Penyalai. Sedangkan Gubernur Syamsuar didampingi Assisten 1 Sekdaprov Riau Ahmad Syah Harrofi. (RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *