DumaiRiau

Tim Terpadu Lomba KG PKK KKBPK- Kes Turun ke Laksamana

Hasil Diumumkan Juli 2019

RiauKepri.com, DUMAI- Tim Terpadu Lomba Kesatuan Gerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Kesehatan (KG PKK KKBPK-KES) tingkat nasional tahun 2019 melakukan verifikasi ke Kelurahan Laksamana Kecamatan Dumai Kota Selasa (12/06/19).

Kehadiran tim terpadu ke “Kampung Narkoba” tersebut lantaran masuk dominasi Lomba KG PKK KKBPK-KES tingkat nasional tahun 2019.

Ketua Tim Verifikasi Nasional Lomba KG PKK KKBPK-KES dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Drs Wahidin, M.Kes, menjelaskan hasil lomba Kampung KB terbaik akan diumumkan Juli 2019

“Ada enam daerah yang akan kita nilai nantinya, mana saja kampung yang terbaik diantara enam daerah yang masuk dalam katagori terbaik akan ditentukan, tanggal 5 Juli 2019 hasil penilaiannya  sudah kita umumkan,” kata Wahidin

Enam daerah yang akan dinilai itu dan masuk dalam katagori itu adalah Daerah Jlagran Pringgokusuman Gedongtengen Jogjakarta, Medan, Bajarmasin,  Gorontalo, Pemalang dan Kota Dumai sendiri. “Untuk Dumai tentunya kita akan melihat sudut-sudut pandang tertentu,” terangnya.

Seperti Gaya Hidup Bersih disuatu kampung atau desa, bagaimana pengendalian KB nya, bagaimana pembinaan ketahanan kesejahteraan Keluarga yang ada disini. “Daya ekonomi keluarga, bagaimana tingkat pendidikannya dan masih banyak sudut pandang lain yang harus kita lihat nantinya,” ujarnya.

Menurutnya BKKBN bukan hanya sebatas pengendalian kependudukan dan bukan hanya sebatas memberikan alat kontrasepsi. Akan tetapi Tugas Pokok dan Fungsi BKKBN lebih besar lagi dan lebih luas lagi.

“Seperti memberikan bimbingan konseling bagi keluarga yang sulit mendapatkan momongan. Selain itu juga memberikan gizi bagi anak-anak Indonesia untuk mencegah stunting,” jelasnya.

Bahkan pencegahaan pasangan nikah di usia dini juga menjadi tugas BKKBN. Selain itu tugas BKKBN juga melakukan pengelolahan serta penyediaan alat dan obat kontrasepsi untuk kebutuhan pasangan usia subur.

Baca Juga :  Hasil Seleks Sekda Dumai Belum Keluar, Apa Pasal?

“Pengendalian sistem informasi keluarga, pemberdayaan dan peningkatan peran serta organisasi kemasyarakatan tingkat nasional dalam membangun keluarga melalui ketahanan dan kesejahteraan keluarga juga menjadi tugas kami,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Dumai H Zulkifli As yang hadir dalam acara tersebut mengatakan dengan masuknya Kota Dumai masuk dalam kategori daerah terbaik tepatnya di Kelurahan Laksamana.

“Diminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk mendukung program-program KB. Mudahan-mudahan dengan sentuhan-sentuhan OPD lainnya, kota kita bisa menjadi yang terbaik di tingkat nasional,” harapnya.

Menurut Zul AS, begitu panggilan akrab walikota Dumai, sebelumnya Kelurahan Laksamana dikenal sebagai “Kampung Narkoba”. Namun sudah berubah menjadi kampung KB juga direncanakan juga menjadi kampung wisata.

Untuk itu pembimbingan perlu dilakukan secara berkelanjutan dengan sinergi semua pihak juga harus berkesinambungan. Masalah penduduk harus berkualitas karena menjadi aset pembangunan. Untuk itu sinerginitas untuk pembangunan dan pembinaan masyarakat harus vokus.

Dengan turunnya Tim Verivikasi ke Kelurahan Laksamana, harap Zul AS, semoga kota Dumai menjadi juara.

“Terimakasih kepada tim verifikasi nominator. Semoga kota Dumai juara tingkat nasional KG PKK KKBPK-KES tingkat nasional tahun 2019, ” harap Walikota Dumai.

Hanya saja menurut Zul AS, jadi juara adalah Bonus. Namun tujuan utama adalah mengangkat harkat dan martabat masyarakat.

“Jadi juara hanya bonus, namun hakekatnya tujuan utama kita adalah mengangkat harkat dan martabat masyarakat,” kata Zul AS menjawab riaukepri di sela-sela acara.

Sesuai pantauan riaukepri.com, tamu undangan serta tim verifikasi selain saling beramah tamah juga mengelilingi Kampung KB Kelurahan Laksamana dan juga sempat melihat tanaman Mangrove yang ada di sekitar daerah tersebut. Sebelumnya, tamu undangan disambut warga yang ada disana dengan penuh keceriaan dan penuh alunan nada kompang.

Baca Juga :  Pemerintah Harus Mengubah Pendekatan Pembangunan Pulau Terluar

Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, SE beserta istri, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Dumai Hj Haslinar Zul AS, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Yusrizal hadir dalam acara tersebut.

Tampak juga hadir Staf Ahli Setdako Kota Dumai H Amiruddin dan H. Samsuddin, Plt Kepala Dinas Diskominfo Drs. Fauzan, Kepala Badan Catatan Sipil, Suardi, Ssy,  Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi, Rekan-Rekan Anggota Forkopimda Kota Dumai Atau Yang Mewakili dan tamu undangan lainnya.(Rls/RK13)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *