BengkalisRiau

Jika RoRo Bengkalis-Meranti Terealisasi, Berlambak Keuntungan

RiauKepri.com, BENGKALIS– Hari ini, Jumat (14/6/2019), Gubernur Riau Drs H. Syamsuar MS.i, meninjau lokasi pelabuhan RoRo yang menghubungkan Kabupaten Bengkalis (Ketam Putih) dengan Kabupaten Meranti (Dakal). Jika upaya menghubungkan antar daerah kabupaten/kota di Riau ini terealisasi maka berlambak alias banyak keuntungan yang dapat dipetik dan ini menjadi harapan masyarakat.

Tokoh masyarakat Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kabupaten Meranti, Jasman Bandul, mengatakan menurut hematnya ada beberape keuntungan jika pelabuhan RoRo tersebut terealisasi.

Keuntunhan pertama yang sudah nampak di kelopak mata, ucap Jasman, jelas infrastruktur jalan nantinya akan semakin baik dari kondisi sekarang.

“Keuntunhan kedua, desa-desa yang akan dilewati tentu akan lebih punya kesempatan untuk berbenah di bidang ekonomi, sebab lalu lintas lancar, tidak hanya dari dalam tapi juga dari luar Kecamatan Tasik Putri Puyu sebagai tempat lokasi RoRo di Meranti,” ungkap guru yang juga seniman muda Riau asal Meranti itu.

Sedangkan keuntungan ketiga, jelas Jasman, mobilitas barang tentu tidak membutuhkan biaya mahal, karena menggunakan angkutan darat. Tentunya hal ini nantinya akan berdampak pada harga barang yang lebih murah.

Efek pada budaya dan pariwisata diyakini Jasman, juga akan berpengaruh. Sebab,
tak jauh lagi seniman yang mau bertandang ke Bandul.

“Di Kecamatan Tasik Putri Puyu sendiri ada destinasi danau Tasik Putri Puyu yang masih perawan, dan di sini juga ada cerita rakyat Dedap Durhako yang ceritanya lebih hebat dari cerita rakyat dari daerah lainnya,” ucap Jasman.

Kendati banyak keuntungan yang dapat dipetik, Jasman juga mengingatkan kepada pemerintah untuk memikirkan transportasi penyeberangan yang selama ini sudah ada. Selain itu, juga harus melihat dan dipertimbangkan aspek lingkungan serta sosial.

Baca Juga :  Pimpin Riau, Syamsuar Jaga Marwah Melayu

Sebagaimana diucapkan Syamsuar pada kampanyennya beberapa waktu lalu, dia berjanji akan merangkai daerah kabupaten/kota yang ada di Riau. Dalam rencananya, Pulau Padang dan Bengkalis dibangun RoRo. Seiring dengan hal itu, juga akan merangkai Bengkalis, Meranti dan Siak (Buton). (RK1)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *