Gubri Tinjau Lokasi Pelabuhan RoRo yang Merangkai Dumai-Melaka

Gubernur Syamsuar saat memberi pengarahan di RoRo Dumai-Melaka.

RiauKepri.com, DUMAI- Gubernur Riau Drs H. Syamsuar MS.i melakukan peninjauan pelabuhan RoRo Sri Junjungan di Kota Dumai yang merangkai Dumai (Riau) dengan Melaka (Malaysia), Selasa (18/6/2019).

Seusai melakukan peninjauan kepada wartawan Syamsuar mengatakan, perlunya beberapa penguatan yang harus dilakukan. Sehingga fasilitas RoRo ini benar-benar siap untuk dipakai.

“Di antara perlunya penguatan fasilitas itu, feri yang digunakan berbobot 3.000 GT. Sehingga pelabuhan sekarang juga harus menunjangnya,” ucap Syamsuar.

Selain itu, kata Syamsuar, lahan parkir yang ada sekarang tidak memadai, kecil. Sedangkan pelabuhan RoRo di Buton saja padat apalagi nantinya jika RoRo Dumai-Melaka sudah beroperasi.

Baca Juga :  Kadin Dumai Gelar Rapat Persiapan Perdagangan RoRo Dumai-Malaka

“Pelabuhan RoRo Dumai-Melaka ini tidak hanya membawa penumpang dengan mobil pribadi tapi juga bermuatan truk. Jadi, Pelahuhan RoRo itu parkirnya harus luas sehingga menimbulkan rasa nyaman bagi masyarakat dua negara, Indonesia dan Melaka,” ungkap suami Misnarni itu.

Pembicaraan dua negara, Indonesia dan Malaysia untuk percepatan kerja sama ini, kata Syamsuar, sebenarnya pada tanggal 17 Juni 2019 lalu dijadwalkan untuk dilakukan pembicaraan lanjutan untuk kedua kalinya. Cuma karena beberapa hal, pertemuan itu belum terwujudkan.

“Pertamuan berikutnya kita masih menunggu. Yang jelas, dalam waktu dekat ini saya ke Bangkok bersama gubernur di Indonesia lainnya untuk mendampingi presiden dalam pertemuan tiga negara. Yakni, Indonesia, Thailand, dan Malaysia. Insya Allah nantinya saya akan bicarakan kerja sama RoRo ini,” ujar Syamsuar.

Baca Juga :  RoRo Dumai-Melaka dan Jalan Kereta Api Mendapat Respon Positif Kemenhub

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar, yang juga ikut dalam rombongan tersebut mengatakan, pihaknya sangat mendukung apa yang dilakukan gubenur Riau.

“Kita sangat mendukung adanya RoRo Dumai-Melaka, terkait masalah anggaran nantinya kita siap untuk mengsuportnya,” ujar politikus Partai Demokrat itu.
(RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *