LAMR Lamar Syamsuar Jadi Datuk Sri Setia Amanah Masyarakat

LAMR saat melamar Gubernur Syamsuar.

RiauKepri.com, PEKANBARU- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR), Senin (25/6/2019) malam di gebenuran melamar Gubernur Riau Drs H. Syamsuar MS.i, untuk memangku gelar adat Datuk Sri Setia Amanah Masyarakat Riau.

Helat ini penuh dengan adat dan budaya Melayu, diawali kedatangan rombongan LAMR yang dipimpin Ketua Umum MKA LAMR Al azhar. Rombongan datang membawa tepak sirih, sepasang baju kebesaran Melayu, tanjak, selempang, keris, dan kain songket.

Begitu rombongan LAMR datang, Syamsuar yang dilamar dan bersama tuan rumah lainnya langsung berdiri. “Assalammualaikum,” kata salah seorang rombongan memberi salam.

Usai memberi salam, Syamsuar mempersilakan rombongan duduk saling berhadapan. Antara tuan rumah dengan pelamar hanya dibatasi kain putih yang terbentang.

Baca Juga :  Terbaik, Vina ke Amerika, Ahmad Toifur Lulus ITB

Sebelum pinangan dimulai, hampir sentengah jam perhelatan itu diwarnai dengan berbalas pantun.

“Hajat kami datang serombongan ini hendak menyusul janji yang sudah diucapkan ketika merisik, dan malam ini menyampaikan harapan kirannya berkenan gubernur Riau untuk melaksanakan helat yang sudah ditentukan. Hajat itu menabalkan gelar Datuk Sri Setia Amanah Masyarakat Riau,” ujar Al azhar.

Tujuan penabalan gelar ini, jelas Al azhar, agar kiranya masyarakat adat Melayu Riau memperoleh lebih dari memiliki pemimpin secara formal tapi juga memiliki pemimpin secara adat.

Baca Juga :  Bappeda Bengkalis Pantau Kesiapan Musrenbang di Sejumlah Kecamatan

“Pemimpin ibarat pohan yang besar, pohonnya tempat masyarakat berteduh,” ungkap Syamsuar

Al azhar juga menyebutkan, secara bersamaan nantinya, tanggal 6 Juli 2019, juga ditabal gelar Datuk Sri Timbalan Masyarakat Melayu Riau, dalam hal ini kepada Wakil Gubenur Riau Edy Natar Nasution.

“Apakah pinangan kami ini bisa diterima, dan harapan kami niat kami tidak dihampakan. Bagaimanapun juga terpulang yang punya diri,” kata Al azhar.

Menjawab keinginan LAMR ini, Gubernur Syamsuar mengatakan, apakah dia sudah patut menerima gelar datuk tersebut, jika sudah maka dengan senang hati menerimanya.

Baca Juga :  PWI Bengkalis Miliki Gedung Permanen

“Alhamdulillah, gelar dari LAMR ini tidak hanya kepada sayo tapi juga diberikan kepada wakil gubernur Riau. Naiknye serentak, semoga ini membawa berkah,” ucap Syamsuar dengan logat Melayu Riau pesisirnya.

Syamsuar menyebutkan, dia akan menjunjung gelar adat ini sesuai petuah orang tua-tua kita terdahulu. Yakni, tak akan Melayu hilang di bumi.

“Kami juga mohon tunjuk ajar dan dukungan dari LAMR kepada kami dalam mengembankan amanah memimpin negeri Melayu ini agar kami tidak salah langkah,” pinta Syamsuar.

Diakhir kata, Syamsuar menyebutkan jika ada telajak kata, tak tepat pelayanan maka mohon dimaafkan. (RK1)

Loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *