Gubri Bentuk Tim Istana Siak dan Candi Muara Takus Jadi World Heritage UNESCO

RiauKepri.com, PEKANBARU- Istana Siak yang berada di Kabupaten Sri Indrapura dan Candi Muara Takus di Kabupaten Kampar, dipersiapkan menjadi World Heritage (situs peninggalan dunia) UNESCO.

“Gubri sudah membentuk tim untuk mengekspose potensi Kesultanan Siak Sri Indrapura dan potensi Candi Muara Takus,” kata Raja Yoserizal Zen, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau.

Ekspose pertama Istana Siak dan Candi Muara Takus, kata Yose, akan dilakukan pada tanggal 15 Juli 2019, hal ini merupakan upaya pertama untuk memasuk ke dalam daftar usulan tentative list yaitu daftar menuju sidang UNESCO.

Baca Juga :  Hitungan KPU Sudah 92,11 Persen, Syam-Edy Pemenangnya

“Prosesenya panjang perlu waktu bertahun-tahun, kemudian tim yang sudah dibentuk perlu mengumpulkan dukungan. Dukungan bisa dari komunitas, penggiat kesenian, dan pemerintah,” ungkap Yose.

“Melalui tim yang sudah dibentuk dan di SK-kan gubenur Riau, inilah potensi Istana Siak dan Candi Muara Takus disidangkan dan dipresentasikan kepada Pemerintah Pusat, apakah layak atau tidak dimasukkan ke daftar usulan tentative list UNESCO,” sambung Yose. (RK14)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *