Menyongsong Industri 4.0, FIB Unilak Taja Pelatihan Pembuatan Film

RiauKepri.com, PEKANBARU – Perkembangan teknologi semakin canggih, memang diperlukan berbagai strategi untuk bersaing di zaman ini. Segalanya diperehitungkan dengan teknologi dan kecamatan teknologi komunikasi, sehingga informasi dapat diakses dengan cepat dan di mana pun juga.

Tentu saja perkembangan teknologi pada hari ini menjadi tantangan sekaligus peluang membuka ruang-ruang kreativitas bagi generasi muda. Menyadari hal inilah, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) menaja Pelatihan Pembuatan Film untuk kalangan mahasiswa. Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini, dilaksanaka pada Jumat-Ahad (28-30/6/2019) di Kampus FIB Unilak.

Baca Juga :  Camat Siak Kecil Ajak Warga Menjaga Aset BOB PT BSP Pertamina Hulu

“Kita menyadari bahwa perkembangan zaman dengan ditandai ditemukan berbagai perangkat teknologi canggih ini, tidak dapat tidak, kita harus memanfaatkannya. Bagi FIB Unilak, hal ini dapat dijadiklan peluang membuka peluang pekerjaan. Salah satunya dengan menggesa mahasiswa tahu tentang pembuatan film, baik itu film documenter, film fiksi dan juga video profil,” jelas M. Kafrawi, selaku koordinator Pelatihan Pembuatan Film ini.

M. Kafrawi, yang juga seniman Riau dengan nama pena Hang Kafrawi, menjelaskan bahwa pelatihan pembuatan film ini diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di kelas dengan menghasilkan karya.

Baca Juga :  Test PCR di Riau Gratis, Syaratnya Cukup Mudah

“Mata kuliah yang ada di FIB semuanya mengarah kepada budaya, bahasa dan sastra. Bahas dan sastra, dalam hal ini menelaah karya sastra yang berbasis budaya, menjadi kekuatan mahasiswa menciptakan karya film yang berkualitas baik. Bayangkan, mahasiswa setiap saat berhadapan dengan cerita dan kisah dalam dunia sastra, pikiran mereka dibentuk dan dipertajam untuk menganalisa klarya-karya tersebut. Dengan demikian, tidak sulit bagi mahasiswa mempertajam imajinasi membuat film,” kata M. Kafrawi.

Sebagai narasumber pembuatan film ini, panitia menghadirkan alumni FIB Unilak yang memang bergelut di dunia film. Hal ini dilakukan untuk memperkokoh ikatan antara alumni dengan kampus.

Baca Juga :  Herwanto Kepala KSOP Kelas I Dumai, Sanggam: Tugas Roro Dumai- Melaka Belum Selesai

“Kita punya alumni yang bergerak dan melahirkan karya film di Riau ini. Dan mereka sangat konsen terhadap dunia perfilaman di Riau,” ucap Kafrawi. (RK2)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *