Tanjungpinang Terpilih Sebagai Kota Pelaksana Program IKKON Bekraf 2019

RiauKepri.com, JAKARTA — Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul, S.Pd didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang Drs. Surjadi MT menghadiri acara peluncuran
Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) Badan Ekonomi Kreatif tahun 2019, yang diselenggarakan di Beer Hall SCBD, Senayan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (28/6).

Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dalam sambutannya menjelaskan bahwa program
Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON) merupakan sebuah program yang menempatkan seseorang atau sekelompok pelaku kreatif pada suatu wilayah di Indonesia yang bertujuan untuk mendorong dan membantu pengembangan potensi ekonomi kreatif lokal.

Lebih lanjut Triawan mejelaskan bahwa dalam pelaksanaannya diharapkan para peserta program IKKON dan masyarakat lokal dapat saling belajar, berbagi, berinteraksi, bereksplorasi dan berkolaborasi, sehingga masing-masing pihak yang terlibat saling mendapat manfaat secara berkelanjutan.

Baca Juga :  Wujudkan Pemilu Damai, TNI Waspada dan Siap Dikerahkan Sewaktu-waktu

Melalui Direktorat Edukasi, Deputi Riset Edukasi dan Pengembangan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) akan melaksanakan kembali kegiatan (IKKON) pada tahun 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas, keterampilan produksi juga mengembangkan potensi ekonomi kreatif yang dimiliki masyarakat, agar memberikan nilai tambah, baik secara ekonomi, sosial dan budaya.

Lima kota terpilih program IKKON tahun ini diantaranya Kabupaten Aceh Utara, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Lombok Timur, Kota Kupang dan Kota Tomohon

Dalam kesempatan ini Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd menjelaskan bahwa pihaknya telah siap untuk memberikan dukungan guna pelaksanaan Program IKKON 2019 di Kota Tanjungpinang. Tanjungpinang sendiri merupakan satu-satunya Kabupaten/Kota yang berasal dari Provinsi Kepulauan Riau yang mendapatkan kesempatan untuk pelaksanaan program IKKON 2019.

Baca Juga :  Ranperda RPJMD Tanjungpinang 2018-2023 Disahkan Menjadi Perda

“Saya atas nama Pemerintah Kota Tanjungpinang mengucapkan terima kasih kepada Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) yang telah memilih kota Tanjungpinang sebagai salah satu lokasi pelaksanaan kegiatan program pendampingan IKKON 2019”, Ungkap Syahrul.

Pada pelaksanaan program IKKON sebelumnya dari tahun 2016-2018 mempunyai dampak yang baik dalam mengembangkan potensi daerah. Kota Tanjungpinang sendiri termasuk dalam daerah tujuan pelaksanaan IKKON 2019 oleh BEKRAF di daerah yang telah melakukan penilaian mandiri kabupaten/kota kreatif yang sudah dilaksanakan BEKRAF.

Dalam Talkshow acara launching IKKON 2019 Walikota Tanjungpinang H. Syahrul, S.Pd menggambarkan bahwa Kota Tanjungpinang sangat membutuhkan pendampingan dalam menggali potensi ekonomi kreatif daerah. Karena dengan sentuhan orang-orang kreatif yang ada di Kota Tanjungpinang nanti akan memberikan nilai tambah didalam industri kreatif, film, musik, fashion hingga kuliner.

Baca Juga :  Sosialisasi 4 Pilar, Nyat Kadir: NKRI Harga Mati

Syahrul juga berharap apabila program IKKON ini berhasil dapat memberikan dampak positif terhadap industri Pariwisata di Kota Tanjungpinang yang juga akan berpengaruh kepada perbaikan ekonomi masyarakat.

“Semoga pelaksanaan IKKON 2019 di Tanjungpinang nantinya berjalan lancar, tidak ada kendala yang berarti serta hasil dari pendampingan ini bisa bermanfaat bagi peserta IKKON dan pelaku kreatif yang ada di kota Tanjungpinang”, tutup Syahrul.

Acara ini turut dihadiri Ketua Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Triawan Munaf, Direktur Edukasi Ekonomi Kreatif, Dra. Poppy Savitri, Kepala Daerah Kabupaten/Kota se-Indonesia diantaranya, Bupati Aceh Utara, Bupati Kupang, Walikota Tanjungpinang, Bupati Lombok timur dan Walikota Tomohon yang mewakili, dan peserta IKKON. (RK/R)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *