Jangan Lupa Bawa KTP, Pemko Dumai Gelar Operasi Yustisi

Kepala Satpol PP Dumai Bambang Wardoyo.

RiauKepri.com, DUMAI– Pemerintah Kota (Pemko) Dumai akan menggelar operasi Yustisi mulai tanggal 9 hingga 12 Juli 2019 pekan depan.

Operasi Yustisi tersebut melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai dan instansi terkait seperti TNI-Polri, Kejaksaan Negeri Dumai, Pengadilan Negeri Dumai.

Kepala Satpol PP Dumai HR Bambang Wardoyo SH mengatakan, Operasi dilaksanakan dalam upaya mendata warga yang belum memiliki KTP elektronik.

“Operasi ini untuk mendata warga yang belum memiliki KTP elektronik,” kata Bambang Wardoyo.

Baca Juga :  Pjs Bupati Inhil Lakukan Kunjungan Pasar Kayujati

Target operasi adalah jalan raya. Bagi warga yang ingin berpergian jangan lupa membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Selain itu, operasi yustisi menyasar penginapan dan rumah-rumah kos di Dumai.

“Target operasi kita adalah warga yang tidak dapat menunjukkan KTP. Kami akan fokus di jalan raya. Untuk itu bagi warga yang igin berpergian jangan lupa membawa identitas diri berupa KTP. Selain itu, operasi yustisi pekan depan menyasar penginapan dan rumah-rumah kos di Dumai,” terangnya.

Baca Juga :  Pelatihan Safetyman dan Fireman MPA Se Kecamatan Bukitbatu Ditutup Secara Resmi

Dijelaskan Bambang bahwa operasi tersebut dilaksanakan untuk menegakan Peraturan Daerah (Perda) Kota Dumai, Nomor 6 Tahun 2007, tentang Penyelenggaraan Pendaftaran Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Maka bagi warga Dumai yang belum memiliki identitas kependudukan agar segera mengurus di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Dumai.

“Bagi warga yang tidak dapat menunjukkan KTP akan disidang oleh hakim dari PN Dumai, jika terbukti belum ada KTP akan dikenakan denda sesuai Perda,” ujarnya sembari menambahkan bahwa denda yang dikenakan bervariasi tergantung putusan hakim.

Baca Juga :  Disnakertrans Rapat Bersama Perusahaan, Fadhly: Segera Laporkan Data Naker

“Dendanya bervariasi ada yang didenda Rp 50 ribu, Rp 40 ribu dan Rp 30 ribu,” bebernya. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *