Milad ke 37, Unilak Bersama PMI Gelar Donor Darah

RiauKepri.com, PRKANBARU – Universitas Lancang Kuning (Unilak) bekerjasama dengan PMI Kota Pekanbaru dan PMI Kecamatan Rumbai menggelar bakti sosial donor darah, Selasa (9/7/2019) di gedung rektorat Unilak.

Sejak pukul 9 pagi mobil PMI Pekanbaru telah datang di kampus Unilak, sejumlah karyawan, dosen dan mahasiswa Unilak telah hadir untuk mendonorkan darahnya.

Dalam kegiatan donor darah ini PMI Kota Pekanbaru menugaskan 6 orang petugas dan satu dokter, (dr. Asmah), sementara dari PMI kecamatan Rumbai diwakili oleh Zulfahmi

Kegiatan donor berlangsung dari pagi hingga siang hari, peserta terlebih dahulu diperiksa kesehatannya oleh dokter agar bisa mendonorkan darah. Dari sekitar 50 peserta donor hanya 44 orang yang bisa mendonorkan darah, dan dari kegiatan ini berhasil menyumbangkan 44 kantong darah dengan berbagai golongan darah, dan salah satu peserta donor adalah Wakil Rektor III bidang Kemahasiswaan, Dr. Eddy Asnawi.

Baca Juga :  Pekanbaru Dikepung Banjir, Ketinggian Air Capai 80 Cm

Ketua panitia milad ke 37 Unilak, Ermina Sari, S.TP., M.Sc., mengatakan kegiatan ini merupakan rangkaian hari jadi Unilak yang ke 37. ini bukti, kata Ermina, kepedulian Unilak untuk berperan membantu PMI dan mereka (masyarakat) yang membutuhkan darah. Ermina juga mrnyampaikan terimakasih kepada PMI Kecamatan Rumbai, PMI Kota Pekanbaru dan sejumlah masyarakat di Rumbai yang ikut serta mendonorkan darahnya.

“Kita lihat beberapa mahasiswa, dosen, karyawan dan masyarakat juga turut serta dalam donor darah ini. Kita ingin mengajak generasi muda dan mahasiswa peduli donor darah karena sangat bermanfaat, tubuh sehat, dan juga membantu orang yang kesulitan. Ke depannya kita akan terus melakukan kegiatan yang positif karna dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucap Ermina Sari.

Baca Juga :  Gubri: 99 Persen Hutan di Riau Dibakar Bukan Terbakar, Ini Cukongnya

Sementara itu, Wakil Ketua I PMI Kota Pekanbaru Drs. Kastalani Rachman, M.Si., yang turut hadir, mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilakukan oleh Unilak. Dijelaskan lebih lanjut, kebutuhan darah dalam satu bulan di Kota Pekanbaru berkisar 4000-5000 Kantong darah.

“Kita ingin mengajak generasi muda/mahasiswa untuk peduli dengan donor darah, karena tubuh jadi sehat, dan menjadi cerdas. Dengan donor darah mampu mendeteksi berbagai penyakit dan dapat mencegah penyakit. Jika bisa ke depannya mahasiswa baru juga turut serta dalam donor darah,” jelas Kastalani. (RK12)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *