Potensi Riau Besar, Ini Harapan Gubri Membentuk BRCN

Husnul Kausarian saat menerima SK dari Gubernur Syamsuar.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Dalam upaya membantu kerjanya, Gubenur Riau Drs H. Syamsuar MS.i membentuk Badan Riau Creative Network (BRCN). Yang tujuannya mengangkat potensi ekonomi kreatif di Riau.

“Kita ingin mengangkat dan mengembangkan ekonomi kreatif karena potensi Riau ini cukup besar hingga membentuk Badan Riau Creative Network,” kata Syamsuar dalam pencerahannya pada rapat perdana BRCN di Sultan Retso, Jalan Ronggowarsito, Jumat (12/7/2019) petang.

BRCN ini, jelas Syamsuar, sebuah lembaga yang independen, di dalamnya berisikan orang-orang yang hoby dengan kreatifitas bernilai ekonomis. “Pengurus BRCN adalah orang-orang yang berkarya dan membuat penyaluran, dan menggunakan IT untuk menampung informasi kreatifitas di Riau,” katanya.

Baca Juga :  Lakukan Kunjungan Kerja, Gubri Sambil Menyulam Kenangan

Indonesia, menurut Syamsuar, jika ingin melawan negara maju maka tidak akan terlawan. Kecuali dengan ekonomi kreatif karena potensi Indonesia cukup besar. Adanya BRCN ini, harap Syamsuar, adalah potensi besar dan kesempatan bagi Riau bersaing dengan negara maju karena tanah Melayu ini punya potensi yang sangat besar. Bahkan, dalam catatan Syamsuar banyak anak Riau yang berada di luar Riau cukup luar biasa hebatnya, terutama di Bandung.

“Film Iqro 2 sutradaranya adalah anak Riau si Iqbal. Ini membuktikan bahwa anak Riau kreatif dan punya potensi besar. Selama ini anak Riau tidak terbuka laluannya, karenanya kita coba membukanya dengan membentuk BRCN,” ungkap Syamsuar.

Baca Juga :  Balon Wako Dumai Mulai Muncul, Faisal Berniat Lewat Jalur Indepedent

Soal modal, jelas Syamsuar, bukanlah hal yang utama dalam berkreatifitas tapi kemauanlah yang menjadi modal utama. Berapa banyak pengusaha di negeri ini mengawali langkah suksesnya dari modal apa adanya, bahkan ada yang sama sekali tak punya modal.

“Dengan BRCN ini kita coba mengubah pola pikir masyarakat bahwa modal sesungguhnya adalah kemauan. Selama ini kita ketahui, pola pikir masyarakat jika tamat sekolah cukup dapat kerja menjadi PNS atau honorer saja,” ucap Syamsuar.

Karenanya besar harapan orang nomor satu di Riau ini, BRCN menjadi pintu masuk bagi anak-anak Riau yang berbedaya guna untuk daerah dan negara ini.

Baca Juga :  Warga Desa Sejangat Antusias Laksanakan Goro

Ketua BRCN, Husnul Kausarian M.Sc,.Ph.D, menyebutkan bahwa saat ini mereka baru rapat perkenalan karena baru saja dibentuk. Untuk rapat selanjutnya, sambil konsolidasi dan melakukan penyusunan renstra juga membahas masalah logo.

“Amanah yang diberikan gubenur ini akan kami emban sebaik mungkin sehingga dapat membangkitkan ekonomi kreatif di Riau. Tentunya kami perlu belajar, dukungan, dan masukan semua pihak dalam menunjang keinginan kemajuan bersama ini. Sebab, di Riau baru kali ini ada badan ekonomi kreatif,” ucap Husnul. (RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *