Syamsuar: Film Iqro 2 Mengajarkan Anak Jadi Cerdas dan Sholeh

Gubernur Syamsuar saat nonton Iqra 2 bersama cucunya.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Gubernur Riau Drs H. Syamsuar MS.i sangat mengapresiasi film Iqro 2 My Universe. Sebab, film ini sangat memotivasi anak-anak untuk menjadi pelajar yang cerdas dan sholeh ataupun sholeha.

“Memang pantas film ini untuk ditonton semua kalangan, terutama pelajar dan guru karena sangat bermanfaat untuk anak-anak agar menjadi cerdas dan sholeha ataupun sholeh,” ungkap Syamsuar seusai nonton Iqro 2 di bioskop XXI SKA Pekanbaru, Kamis (11/7/2019), bersama ratusan anak yatim dari Siak dan Pekanbaru.

Dalam film ini, sambung Syamsuar, anak-anak dituntun agar belajar dengan membaca dan mempelajari Al-qur’an, karena dalam kandungan Al-qur’an banyak ilmunya.

Baca Juga :  Gubri dan Cucu Nonton Bareng Film Iqro 2 Bersama Ratusan Anak Yatim

Kemajuan teknologi, jelas Syamsuar, tidak menjadi hambatan bagi pelajar, bahkan kemajuan teknologi menjadi laman baru bagi pelajar untuk bersaing mengejar prestasi.

“Dalam film ini, antara agama dan teknologi sejalan. Semuanya bisa dijadikan laluan bagi pelajar untuk menggapai cita-cita,” ungkap Syamsuar.

Hal lain yang dapat dipetik dari menonton film Iqra 2 ini, ucap Syamsuar, dalam upaya mengejar cita-cita anak-anak diberi pengalaman pemeran utama bernama Aqila untuk sungguh-sungguh dan fokus pada apa yang hendak dicapai.

“Tokoh Aqila dalam film ini bercita-cita ingin menjadi seorang astronot sehinga dia berusaha dan terus berusaha tak kenal lelah. Setelah usaha dilakukan, hasilnya diserahkan kepada Allah,” ucap Syamsuar.

Baca Juga :  Kabar Gembira, Dinsos Bengkalis Segera Salurkan BST Tahap II dan III, Ini Jumlah Besaranya

Di sisi lain, pemeran Fauzi sangat mencintai kedua orang tuanya. Fauzi berhasil mendapatkan bea siswa untuk bersekolah di posantren lantaran dia hafal Al-qur’an.

Hal ini menjadi kebangaan orangtua Fauzi, apalagi bapaknya yang sebelum seorang preman namun anaknya berhasil mendapat bea siswa karena hafal Al-qur”an.

Konflik terjadi pada keluarga ini lantaran Fauzi menolak bea siswa karena dia sayang dengan kedua orangtuanya, memilih membantu ibunya berjualan kerukup di kampung. Sebaliknya, orangtua Fauzi bersikeras agar anaknya mengambil biasa siswa. Karena orangtuanya tak ingin masa depan anaknya sama seperti mereka.

Baca Juga :  Dialog Gubri dengan Dirjen Penyediaan Perumahan, Ini Hasilnya
Salah satu adegan adegan Aqila.

Diakhir film Iqro 2 itu, Fauzi akhirnya menentukan sikap untuk masa depannya, sedangkan Aqila yang bercita-cita menjadi astronot semakin terbuka peluang itu setelah menag lomba vlog.

“Mau jadi apapun kita di atas dunia ini harus bermanfaat bagi orang lain. Itu semua tergantung pada diri kita sendiri,” kata Aqila menutup film itu.

Film Iqra 2 yang sempat mengambil lokasi suting di Kabupaten Siak sebanyak 3 adegan ini, diharapkan Syamsuar juga bisa ngetop seperti film Laskar Pelangi, sehingga nama Riau juga bisa terangkat.

“Mudah-mudahan film ini ngetop tidak saja di Indonesia tapi juga di luar negeri,” doa Syamsuar. (RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *