Disnakertrans dan BPJS Ketenagakerjaan Jalin Kerjasama

Semoga TA Pertamina Diakuisisi di Cabang Dumai

Kacab BPJS Ketenagakerjaan Dumai Muhammad Riadh.

RiauKepri.com, DUMAI- Dalam upaya peningkatan perluasan kepersertaan, BPJS Ketenagakerjaan sudah menjalin kerjasama dengan Disnakertrans Kota Dumai. Kerjasama tersebut, bak gayung bersambut dengan diterbitkannya Perwako No 27 tahun 2017 tentang perlindungan tenaga kerja terhadap jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan di Kota Dumai.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) kota Dumai H Suwandy SH.M.Hum melalui Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Industrial (HI) dan Syarat Kerja (Syaker) Disnakertrans Dumai Muhammad Fadhly SH menjelaskan regulasi sebagaimana tertuang dalam Perwako 27 tahun 2017 maka perusahaan dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kepada pekerja.

“Jika perusahaan mematuhi ketentuan sesuai regulasi tersebut, maka secara otomatis pekerja sudah memperoleh jaminan perlindungan,” jelas Fadhly kepada riaukepri.com.

Baca Juga :  Safari Ramadan Gubri di Masjid Nurul Iman, Ada Sesuatu yang Istimewa

Menurut Fadhly, kerjasama yang dibangun dapat meningkatkan hubungan antar lembaga dalam kerja sama meningkatkan kepesertaan pada perlindungan program jaminan sosial ketenagakerjaan di Dumai.

Harus diakui, ujar Fadhly, perusahaan khususnya perusahaan sub kontraktor di Dumai masih relatif banyak yang belum mendaftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Hal tersebut diketahui ketika tim Disnakertrans turun ke sejumlah perusahaan di Dumai. Tidak itu saja, pekerja juga kerap melapor ke Disnakertrans Dumai bahwa perusahaan tempatnya mereka bekerja tak terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan.

“Sesuai temuan dan laporan yang masuk ternyata masih banyak perusahaan khususnya subkon di Dumai tak terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu pulalah perlunya kerjasama itu,” jelas Fadhly.

Masih kata Fadhly, PT Pertamina RU II Dumai akan melaksanakan Turn Around (TA) atau perawatan kilang. Ratusan perusahaan dan ribuan pekerja dilibatkan dalam pekerjaan tersebut.

Baca Juga :  Orang Riau Jadi Cawapres, "Roh" UAS Mendongkrak Suara

Pihaknya mengimbau semua perusahan yang terlibat dalam pekerjaan TA PT Pertamina RU II Dumai agar mendaftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Dumai. “Kita minta seluruh perusahaan TA PT Pertamina RU II Dumai mendaftar jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Dumai,” pinta Fadhly.

“Mengucapkan terimakasih kepada beliau yang mendukung program bpjs tk. Dan mudah mudahan seluruh pekerja di TA Pertamina bisa diakuisisi di cab dumai secara total,” kata Kepala Cabang (Kacab) BPJS Ketenagakerjan Dumai Muhammad Riadh kepada riaukepri.com melalui aplikasi WA kemarin

Dijelaskan, BPJS Ketenagakerjaan tetap memelihara hubungan baik dengan seluruh stakholder di Dumai. Tidak saja dengan Disnakertrans, kerjasama dengan pihak lain, seperti LSM, Serikat Pekerja dan Serikat Buruh (SP/SB), tokoh pemuda, masyarakat dan tokoh agama tetap terjaga dan terjalin dengan baik.

Baca Juga :  Pengumuman, Haornas XXXVI Pindah ke GOR Tribuana, Ini Sebabnya

Terkhusus terhadap media masa, kata Riadh, BPJS Ketenagakerjaan siap dan senantiasa terbuka memberikan informasi. “Saya sudah anjurkan agar dilakukan coffee morning dengan mengundang mitra kerja dan wartawan di Dumai, tapi tak jalan,” ujarnya.

Pada hal dalam acara coffee morning tersebut akan dapat ditemukan kesamaan persepsi dan pemahaman tentang Peraturan Pelaksanaan dan Ketentuan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) serta Jaminan Pensiun (JP). “Kami perlu dukungan dari semua pihak bang,” ungkapnya. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *