BudayaPekanbaruPendidikanRiau

Praktek Budaya, Mahasiswa Prodi Sastra Melayu FIB Unilak Kunjungi Kampung Tualang

RiauKepri.com, TUALANG – Mahasiswi Program Studi (Prodi) Sastra Melayu FIB Unilak melaksanakan Praktek Budaya. Praktek Budaya kali ini dilaksanakan di Kampung Tualang, Kecamatan Tualang, Kabupaten Siak selama dua hari, Sabtu dan Ahad (20-21/7/2019).

Menurut Jefrizal, S.Hum., M.Sn., Sekretaris Prodi Sastra Melayu, Praktek Budaya ini merupakan upaya penggalian nilai-nilai budaya Melayu. Dari kegiatan ini, kata Jefri, mahasiswa dapat langsung menggali dan mempelajari nilai-nilai budaya langsung dari nara sumbernya.

“Mahasiswa diarahkan menggali sejarah dan nilai-nilai budaya Melayu langsung turun ke lapangan. Luaran dari kegiatan ini mahasiswa dapat membuat karya tulis, mengulas dan mengkaji apa saja yang didapat dari praktek ini,” ujar Jefrizal.

Ditambahkan Jefri, Kampung Tualang memiliki objek yang menarik untuk dikaji. Di tengah-tengah masyarakatnya hetrogen tersebabnya banyak perusahaan yang beroperasi di kawasan ini, nilai-nilai budaya Melayu masih tetap terjaga.

“Dari segi bahasa, Kampung Tualang juga memiliki dialek Melayu yang unik. Percampuran Riau pesisir dan Riau sangat terasa di Tualang,” jelas Jefri.

Jefri juga menjelaskan bahwa praktek budaya ini juga menghadirkan nara sumber tokoh-tokoh Kampung Tualang.

“Kita juga mengadakan diskusi sejarah Kampung Tualang, seni tradisi dan permainan rakyat yang masih ada di kampung ini,” ungkap Jefri yang juga Penyair Riau ini. (RK2)

Baca Juga :  Buka MTQ XV Kecamatan Siak Kecil, Bupati Amril Puji Sinergitas Panitia yang Dipimpin Kapolsek
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *