Mencari Qori dan Qoriah Terbaik untuk Riau dari Meranti

MTQ XI Kabupaten Kepulaun Meranti

Memukul beduk sebagai tanda dibukanya MTQ XI Kabupaten Kepulauan Meranti.

RiauKepri.com, MERANTI– Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim membuka secara resmi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019, melalalui kegiatan itu diharapkan Al-Quran dapat dibumikan hingga ke pelosok negeri dan masyarakat dapat mengaplikasikan nilai-nilai yang ada didalamnya. Helat tahunan ini bertempat di Halaman Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Sabtu (20/7/2019) malam.

Turut hadir bersama Wakil Bupati, Sekjend Bimas Islam Kemenag RI H. Tarmizi Tohor, Kabiro Kesra Sekdaprov Riau H. Masrul Kasmi, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan dan anggota, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Kapolres Meranti AKBP. Ka Ode Proyek, Ketua LAM Meranti H. Muzamil, Kajari Meranti Budi Rahardjo SH MH, Kepala Kantor Kementrian Agama Kep. Meranti H. Darwison, Ketua Komisi Penyiaran Provinsi Riau H. Falzan Surahman, Asisten III Sekdakab. Meranti H. Rosdaner, Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH dan Jajaran Pejabat Eselon II, Danposal Selatpanjang, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Putra SH dan Jajaran Pejabat Eselon III Dilingkungan Pemkab. Meranti, Tokoh Agama/Adat/Masyarakat dan lainnya.

Baca Juga :  Dirjen Kebudayaan Terima Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah Riau

Pembukaan MTQ XI tingkat Kabupaten Meranti Tahun 2019
ini ditandai dengan pemukulan beduk diikuti oleh pemukulan pentungan oleh para Camat se-Kabupaten Meranti yang disaksikan Forkopimda dan seluruh hadirin.

Kegiatan pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten Meranti kali ini diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Indra Gunawan Juara MTQ Tingkat Internasional di Kuala Lumpur Malaysia.

Selanjutnya sambutan dari Ketua Panitia MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Meranti 2019 oleh Asisten I Sekdakab. Meranti Syamsuddin SH MH, dikatakannya kegiatan MTQ ini memiliki peran yang strategis dalam meningkatkan ukuah Islamiah sekaligus meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam hal seni membaca, menulis, mengamalkan, dan menghafal Al-Quran. Diharapkan dengan momentum ini masyarakat dapat mengamalkan isi dan kandungan Al-Quran kehidupan sehari-hari sesuai dengan tema yang diusung “Dengan MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Kep. Meranti Tahun 2019 Kita aktualisasi nilai Al-Quran untuk mencerahkan kebidupan beragama rukun dan damai.

MTQ kali ini diikuti 341 peserta yang berasal dari utusan 9 Kecamatan Se-Kabupaten Meranti, kegiatan MTQ yang digelar selama 5 hari ini memperlombakan beberapa cabang yakni pertama Cabang Tilawah Quran, kedua Cabang Tahfiz dan Tafsir Quran, ketiga Cabang Khatal Quran, keempat Cabang Syahril dan Fahmil serta MMQ.

Baca Juga :  Dihadiri Ribuan Umat, UAS; Berhijrah Meraih Berkah

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim berharap kegiatan MTQ Kabupaten kali ini disamping sebagai lomba seni membaca Al-Quran juga sebagai ajang membina generasi muda untuk lebih mencinta Al-Quran. Dengan begitu Al-Quran dapat dibumikan hingga ke pelosok negeri dan menjadikan Meranti negeri yang Baldatun, Thaybatun Warabbun Ghofur.

Wabup mengaku Pemkab Meranti akan terus mendorong masyarakat untuk mempelajari dan mencintai Al-Quran selain dengan menggelar MTQ juga memberikan insentif khusus bagi para guru agama.

“Dengan membumikan Al-Quran semoga Meranti menjadi negeri Madani sebagaimana Visi dan Misi Kabupaten,” ucap Wabup.

Sementara itu Gubernur Riau yang diwakili oleh Kabiro Kesra Sekdakab. Meranti H. Masrul Kasmi, mengatakan kegiatan MTQ ini memiliki peran yang strategis disamping sebagai media syiar Islam juga mampu menumbuhkan ekonomi real masyarakat.

Masrul berharap melalui kegiatan ini dapat mencetak Qori dan Qoriah terbaik Riau asal Meranti yang mampu meraih prestasi gemilang baik ditingkat Nasional maupun Internasional. Yang diawali pada MTQ Tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Kampar yang direncanakan akan digelar pada awal November 2019.

Baca Juga :  Wakapolri Komjend Pol Gatot Eddy Minta Rusli Efendy Berdiri, Ini Sebabnya

Seperti prestasi yang baru-baru ini diraih oleh Provinsi Riau pada MTQ Nasional di Kota Medan dimana Provinsi Riau berhasil meraih Ranking 6 dari 34 Provinsi, dan terakhir pada STQ di Pontianak Provinsi Riau berhasil masuk 7 besar.

“Semoga kedepan Provinsi Riau dengan Qori asal Meranti bisa meraih prestasi lebih baik lagi,” harap Masrul Kasmi.

Untuk endukung prestasi Qori dan Qoriah Privinsi Riau Pemda juga akan membangun Quran Center dikawasan Masjid Agung An-Nur untuk membimbing para Qori dan Qoriah Riau sekaligus sebagai pusat pengembangan Al-Quran di Provinsi Riau.

Terakhir sambutan dari Sekretaris Sekjend Bimas Islam Kemenag RI, H. Tarmizi Tohor, senada dengan Wakio Bupati, iapun berharap melalui MTQ ini dapat nilai-nilai Islam yang terkandung dalam Al-Quran dapat diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan pembukaan MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Meranti yang berlangsung hikmat dan lancar ditutup dengan acara foto bersama dan salam-salaman. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *