Malam Ini Teater Matan “Tepuk Dada, Tanya Selera”

RiauKepri.com, PEKANBARU – Memilih itu adalah hak azazi manusia yang tak dapat dipaksakan. Hati nurani merupakan bagian terpenting dalam memilih, tentu saja pilihan hati mencari yang terbaik. Hal pemilihan inilah yang menjadi penekanan pementasan Teater Matan malam ini, Kamis (1/8/2019), pukul 19.30 WIB di Taman Budaya Riau, pada perhelatan Kenduri Seni Riau.

Menurut M. Nazri, penulis naskah dan sekaligus merangkap sutradara pementasan ini, judul pergelaran Teater Matan malam ini ‘Tepuk Dada, Tanya Selera’ berangkat dari pengamatannya kejadian-kejadian di negeri ini. Masalah politik terutama ketika pemilihan presiden, kata Nazri, menjadi objek dalam naskah yang ia tulis.

Baca Juga :  Ziarah Makam Datuk Laksamana Raja Dilaut, AMAN Bertekad Kembangkan Situs Sejarah Melayu Bengkalis

“Inspirasinya adalah peristiwa pemilihan presiden. Walaupun demikian, realitas ini saya samarkan melalui peristiwa percintaan seorang wanita yang hendak memilih pasangan hidupnya,” jelas Nazri.

Nazri juga menyampaikan bahwa garapan pementasannya sama dengan konsep Teater Matan selama ini. Komedi situasi, kata Nazri, menjadi pegangan dirinya merangkai adegan per adegan.

“Teater Matan selalu konsisten menjadikan komedi sebagai batang tubuh pergelaran. Hal ini merupakan kesepakatan kami dan siapapun yang menjadi sutradara, komedi pasti tidak ditinggalkan,” ucap Nazri.

Dengan komedi, kata Nazri, pesan-pesan ‘berat’ yang hendak disampaikan menjadi mudah dicerna. Komedi membuat penonton santai dan tidak dibebani dengan persoalan-persoalan yang memusing kepala.

Baca Juga :  PTP N 5 Kembali Tolak Proposal Pementasan Teater

“Hal inilah yang menjadi konsep kami, menonton teater, menghibur hati sekaligus menangkap pesan dengan santai,” ujar Nazri. (RK2)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *