Abdul Muklis Tewas Kecelakaan Kerja Fadhly; PT ISS Belum Melapor

Kabid HI dan Syaker Disnakertrans Dumai M Fadhly SH (baju merah) sedang menerima laporan dari pekerja

RiauKepri.com, Dumai – Seorang pekerja PT ISS bernama Abdul Muklis mengalami kecelakaan kerja terlindas truk angkutan pupuk di Kawasan Industri Dumai (KID) Pelintung.

Korban rewas akibat terseret ke dalam kolong kendaraan angkutan pupuk milik PT S3 di lokasi PT Sentana Adidaya Pratama kawasan Industri Dumai, Pelintung Kecamatan Medang Kampai Jumat (02/08/19).

Ironisnya, PT ISS sebagai subkon PT Wilmar ternyata belum melapor ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai.

“Bukan saja kasus kecelakaan pekerja yang belum dilaporkan, PT ISS juga belum melapor kontrak kerja dan PKWT ke Disnakertrans Dumai. Untuk kasus ini Wilmar juga harus turut bertanggungjawab,” tegas Kepala Disnakertrans Dumai H Suwandy SH M.Hum melalui Kabid Hubungan Industri dan Persyaratan Kerja Muhammad Fadhly SH kepada KR di ruang kerjanya Senin (05/08/19).

Baca Juga :  Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Permai Riau

Menurut Fadhly, seharusnya sebelum PT ISS melanjutkan kontrak harus melapor dulu ke Disnakertrans Dumai. “Pemberi kerja juga harus bertanggungjawab,” tegas Fadhly.

Dijelaskan, PT ISS termasuk perusahaan nakal. Pasalnya perusahaan asing tersebut bukan hanya bekerja di PT Wilmar, tapi juga di PT SDS dan ESM Lubukgaung. Namun perusahaan tersebut tak melapor ke Disnakertrans Dumai.

“PT ISS belum ada melaporkan kontraknya tahun 2019 di sejumlah perusahaan di Dumai. Bahkan perwakilan perusahaan itu pun tak ada di Dumai” ungkap Fadhly.

Baca Juga :  Komisi II DPRD Rekomendasi ULP Batalkan Ratusan Paket Lelang yang Telat Tayang

Untuk itu, kata Fadhly, perusahaan pemberi kerja kepada penerima kerja harus lebih selektif memeriksa apakah perusahaan melapor ke Disnakertrans Dumai atau tidak. “Saya minta perusahaan di Dumai ikut aturan yang berlaku, ” pintanya.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, Abdul Muklis bertugas sebagai Cleaning Service, saat itu sedang berjalan di sekitar TKP, tiba-tiba kendaraan angkutan pupuk PT S3 melintas pada kecepatan tidak normal. Namun korban tertabrak sehingga masuk ke kolong dan digilas truk

Korban sempat dibawa ke RSUD Dumai guna mendapatkan pertolongan namun tak tertolong dan akhirnya meninggal dunia. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *