Perusahaan Banyak, PHI Sebaiknya Ada di Dumai

Ilustrasi (net).

RiauKepri.com, DUMAI– Seperti diketahui, perusahaan lumayan banyak beroperasi di Dumai. Kondisi itu membuat perselisihan hubungan industrial kerap terjadi, namun permasalahan tersebut sering berujung tak selesai dan dilimpahkan ke PHI Pekanbaru.

Untuk memaksimalkan penyelesaian perselisihan pekerja dan perusahaan sebaiknya Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) ada di Dumai.

“Sebaiknya memang PHI ada di Dumai. Inilah yang perlu diperjuangkan Serikat Pekerja dan Serikat Buruh (SP/SB) agar penyelesaian perselisihan hubungan industrial dapat terselesaikan di Kota Dumai, ” tegas Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) H Suwandy SH M.Hum kepada KR melalui Kabid Hubungan Industri dan Persyaratan Kerja M. Fadhly SH kemarin.

Baca Juga :  Bhayangkari dan Polsek Bukitbatu Bagikan Takjil Gratis Kepada Masyarakat Sungai Pakning

Sesuai UU No 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, bidang pengawasan ketenagakerjaan diambil-alih Provinsi.

Itu pula sebabnya pekerja kerap kecewa lantaran permasalahan yang dilaporkan tak dapat terselesaikan dengan baik. Pasalnya kewenangan sudah terbatas. Bahkan untuk masalah hak normatif Disnakertrans Dumai tak berwenang lagi memprosesnya.

“Kalau pun ada laporan menyangkut hak normatif kita berupaya menyelesaikan dengan melakukan mediasi antara pekerja dan perusahaan, kalau tak berhasil tetap dilimpahkan ke PHI di Pekanbaru,” jelasnya (RK13).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *