Anak Milenial Mahu Maju, Ini Cara yang Diberikan Gubernur Riau

Gubernur Riau Syamsuar.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Zaman sudah berubah. Generasi penerus terutama anak melinial jika ingin maju dan menjadi yang terbaik harus pandai menyikapi peradaban dengan kreatifitas.

Riau, kata Gubernur Riau Drs H. Syamsuar saat membuka pameran foto “Rekam Jejak Riau Bangun Negeri,’ Kamis (15/8/2019), tidak bisa lagi mengandalkan minyak bumi dan sawit karena produksi sumber daya alam ini terus menurun. Tapi kreatifitas tidak akan pernah ada habisnya, dan pameran foto ini bagian dari kreatifitas itu sendiri.

“Jika anak milenial ingin maju, di zaman serba digital ini kita harus kreatif. Tentunya kreatifitas itu mengangkat kearifan lokal,” ungkap Syamsuar.

Baca Juga :  Pemuda Tampan Ini Jerat Leher dengan Seutas Tali Nilon

Kenapa harus kearifan lokal? “Karena kearifan lokal yang dimiliki Riau tidak dimiliki daerah lain. Riau punya potensi budaya dan sejarah yang cukup luar biasa serta unik, belum lagi keindahan alamnya yang bisa mendunia. Hal ini tidak akan ada habis-habisnya,” ungkap Syamsuar.

Kreatifitas dengan kearifan lokal ini, jelas Syamsuar, bisa saja dengan foto ataupun membuat video kemudian disebarkan ke dunia maya internet. Saran Syamsuar, kreatifitas yang sudah dibuat itu diperkuat dengan nerasi. Sehingga orang yang melihat semakin penasaran dan terniat untuk melihat unggahan kreatifitas yang telah dibuat itu.

Baca Juga :  Bunatin Dheni Kurnia Menjadi Buku Puisi Terbaik Anugerah Hari Puisi 2018

Narasi itu, jelas Syamsuar, bisa saja dikemas dalam bentuk film pendek mengangkat peningalan sejarah yang ada di Riau, mengangkat seni budaya di Riau, atau mengankat masalah kuliner yang ada di Riau.

“Banyak keuntungan dengan kreatifitas bermuatan kearifan lokal itu, selain anak milenial mendapat keuntungan, masyarakat lain secara ekonomi juga mendapat keuntungan karena orang yang melihat hasil foto dan video itu akan berkunjung ke tempat yang menjadi objek kreatifitas tersebut,” ujar Syamsuar.

Tentunya semua itu, sambung Syamsuar, kata kuncinya adalah kemauan untuk berbuat bagi diri sendiri dan negeri ini. Sementara media untuk penyaluran kreatifitas begitu banyak dan murah.

Baca Juga :  Alamak, Diduga Pemalsuan Dokumen, Balon Wako Dumai Dijebloskan ke Rutan

Pemerintah Provinsi Riau sendiri, dalam upaya mencari dan meransang kreatifitas anak bumi lancang kuning ini sudah membentuk Badan Riau Creative Network (BRCN) yang Insya Allah akhir Agustus 2019 ini dilantik. (Adv)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *