Bangganya Orang Kuansing, Baru Pertama Menpar Datang Membuka Pacu Jalur

Menpar RI Arief Yahya bersama Gubri Syamsuar.

RiauKepri.com, PEKANBARU– Suatu kebangaan bagi masyarakat Kabupaten Kuantan Senginging (Kuansiang), karena
baru pertama kali Menteri Pariwisata bersedia untuk hadir dan menyaksikan langsung festival pariwisata pacu jalur pada tahun 2019 ini.

“Kami juga merasa bangga karena Pacu Jalur tahun ini dihadiri Gubernur Riau baru kita, Pak Syamsuar,” kata Ketua Gerakan Pesona Riau (Genpi) Osvian Putra saat jamuan makan malam bersama Menpar RI Arief Yahya bersama Gubernur Riau Drs H Syamsuar, Wakil Bupati Kuansing H. Halim, dan Forkompida Kuansing.

Baca Juga :  Dari Siak untuk Indonesia, Begini Suasana Apel Pertama Bergabung dengan NKRI

Disebutkan, bahwa saat ini sumber daya alam di Kuansing sudah tidak bisa diharapkan lagi dan semakin hari semakin berkurang. “Sekarang masa depan Kuansing saat ini ada pada dunia pariwisata, terutama pacu jalur,” kata Osvian.

Pada kesempatan itu, Gubernur Syamsuar mengatakan, memang pertama kali Menpar Arief Yahya datang ke Kuansing. Beliau sepertinya tidak kenal penat, sejak dari pagi hingga malam masih kerja.

“Banyak kami belajar dari Pak Menteri, bagaimana beliau mengusai objek wisata kemudian mengambil kesempatan letak geografis Riau dengan negara tetangga Malaysia dan Singapura,” ucap Syamsuar.

Baca Juga :  Waw, Berlambak Pelancong Datang ke Siak, Lebih 168 Ribu Orang

Sebagai pemerintah Provinsi Riau, sambung Syamsuar, pihaknya sangat komitmen dan berharap Menpar membantu memajukan pariwisata Riau. Apalagi saat ini minyak bumi, sawit, dan lainnya di Riau tidak bisa diharap lagi.

Syamsuar juga membeberkan, di Riau sudah banyak anak-anak yang kreatif menggali potensi daerah. Bahkan di salah satu desa, pariwisata sudah menjadi pendapatan masyarakatnya. “Mimpi saya, ke depan Pacu Jalur di Kuansing ini tidak saja di tingkat nasional namun sudah ke tingkat internasional,” ucap Syamsuar.

Syamsuar melaporkan, ada tambahan ivent pariwisata di Riau yakni dragon bot yang berlangsung di Sungai Rusa, Kabupaten Kampar. Kegiatan ini dekat dengan cagar Budaya Candi Muararakus yang saat ini masuk list warisan dunia.

Baca Juga :  55 Personil Polresta Pekanbaru Diturunkan untuk Kenyamanan JCH Riau

“Kami sangat komit untuk memajukan dunia pariwisata di Riau. Ke depan perlunya ada rute penerbangan Thailand ke Pekanbaru,” ucap Syamsuar. (RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *