Festival Pacu Jalur Jadi Magnet Turis Asing, Segini Uang yang Berputar

Gubri Syamsuar dan Menpar Arief Yahya saat Kunker di Pekanbaru.

RiauKepri.com, KUANSING– Festival Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Provinsi Riau, menjadi mangnet menarik turis asing hingga ratusan juta uang berputara dalam sehari.

Adapun wisatawan mancanegara yang bertandang ke Kuansing dari Amerika, Australia, negara Eropa dan negara Asia Tenggara. Tak hanya turis asing yang datang melihat event tahunan ini, tapi wisatawan lokalpun berdatangan.

Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmizal mengatakan kepada wartawan, Festival Pacu Jalur tahun ini dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan ivent nasional ini menjadi magnet yang luar biasa bagi Provinsi Riau. Bahkan, masyarakat Kuansing yang tinggal di luar negeri pun pulang kampung hanya untuk melihat Festival Pacu Jalur ini.

Baca Juga :  Buaya Pemangsa "Budak" di Rohul Ditangkap Warga Pakai Setrum Ikan

“Dengan adanya event ini mampu meningkatkam perekonomian di Teluk Kuantan, Kuansing. Perputaran uang saat Festival Pacu Jalur ini bisa hingga ratusan juta per harinya. Karena ratusan ribuan orang tumpah ruah di Teluk Kuantan,” kata Fahmizal, Selasa (20/8/2019).

Tahun lalu diungkap Fahmizal, sekitar 300.000 sampai 400.000 pergerakan wisatawan nusantara di Featival Pacu Jalur. Harapannya, dengan kedatangan Menteri Pariwisata RI Arief Yahya di Festival Pacu Jalur ini, kedepannya secara komprehensif event budaya ini dapat berkembang dengan baik.

Baca Juga :  Siswi SMA 14 yang Tewas Tertimpa Pagar Roboh, Adiknya Luka Ringan

“Pemprov Riau juga berharap ivent Festival Pacu Jalur menjadi iconic event yang dapat mendatangkan wisatawan mancanegara lebih banyak lagi ke Riau,” ungkap Fahmizal. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *