Menpar: Pertumbuhan Wisata di Riau Jauh di Atas Rata-rata Nasional

Menpar RI Arief Yahya.

RiauKepri.com, PEKANBARU- Menteri Pariwisata RI Arief Yahya membeberkan, bahwa pertumbuhan pariwisata di Riau jauh di atas angka rata-rata petumbuhan wisata nasional.

“Ini perlu diketahui, bahwa petumbuhan pariwisata secara nasional 22 persen sedangkan Riau 50 persen. Jadi, pertumbuhan pariwisata Riau di atas rata-rata nasional,” kata Arief Yahya dalam jamuan makan malam di pondopo kediaman bupati Kuansing, Selasa (20/8/2019).

Dunia pariwisata Riau, ucap Menpar Arief Yahya, semakin menanjak dengan gubernur barunya, Pak Syamsuar yang berhasil meraih peringkat ketiga sebagai pelayanan wisata halal di Indonesia.

Baca Juga :  Rayakan HUT RI ke-74 Tahun 2019, PT Ivo Mas Tunggal Gelar Collaboration Cup

Arief Yahya mejelaskan, untuk meningkatkan kunjungan wisatawan tidak hanya pada objek wisatanya namun kedekatan juga menjadi pemicu jumlah kunjungan. Riau punya kedua hal itu, banyak potensi wisata di Riau, dan Riau sendiri secara geografis dekat dengan Singapura dan Malaysia yang bisa dijadikan pintu masuk wisatawan asing ke sini.

“Kelemehan di Riau ini hanya akses, karenanya nanti September ada uji coba RoRo Dumai-Melaka. Kita harapkan dengan adanya akses ini jumlah kunjungan wisata di Riau semakin meningkat, sama dengan Kepulauan Riau,” doa Arief Yahya.

Baca Juga :  Kunker ke Dumai, Menpar Arief Yahya Dipasang Tanjak

Dunia Pariwisata, jelas Arief Yahya, pada tahun 2018 penyumbang devisa negara nomor dua, dan tahun 2020 akan menjadi penyumbang devisa terbesar di negara ini.

“Ternyata, pariwisata tidak hanya untuk devisa tapi juga menumbuhkan perekonomian masyarakat dan meningkatan PAD daerah kabupaten. Tingginya kunjungan wisata dirasakan langsung oleh masyarakat,” ucap Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya juga menunjuk cara agar objek wisata di Riau cepat terkenal. Yakni, selalulah membuat lomba tentang dunia pariwisata yang nantinya juga diikuti orang luar dari Riau. Jelas nantinya, lomba itu diposting di media sosial yang nantinya bakal dilihat jutaan orang.

Baca Juga :  Pimpin Riau, Syamsuar Jaga Marwah Melayu

“Soal hadiahnya, biar saya yang mengasinya. Sekarang yang menjadi viral kegiatan pariwisata Pacu Jalur di Kuansing ini, sebab belum lagi saya datang media sudah memberitakan. Itulah dasyatnya peran media,” ucap Arief Yahya. (RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *