Perusahaan Harus Ikut Aturan, Suwandy: Rekrut Naker Harus Diumumkan

Kepala Disnakertrans Dumai H Suwandy SH M.Hum

RiauKepri.com, DUMAI – Perusahaan di Dumai harus mengumumkan lowongan kerja. Biar yang direkrut hanya satu orang saja wajib diumumkan di papan pengumuman Disnakertrans Jalan Kesehatan Dumai.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Dumai H Suwandy SH M.Hum menyebutkan perusahaan swasta maupun perusahaan BUMN dan BUMD wajib mengumumkan lowongan kerja di perusahaan.

“Rakrut tenaga kerja (Naker) harus diumumkan agar masyarakat tau dan melamar. Dalam merekrut perusahaan wajib mengutamakan masyarakat tempatan,” tegas Suwandy kepada RiauKepri.com di ruang kerjanya Rabu (21/08/19).

Baca Juga :  Gubri: Pemilu Serentak di Riau Aman dan Damai, Partisipasi Campai 80 Persen

Mengapa harus mengutamakan masyarakat tempatan?. Menurut Suwandy, ketentuan tersebut telah diatur dalam.Perda No. 10 Tahun 2004 tentang Ketenagakerjaan Dumai.

Dalam Perda itu, kata Suwandy, perusahaan dalam rekrut tenaga kerja wajib memenuhi presentase yang sudah ditentukan yakni; 70 masyarakat tempatan dan 30 persen warga luar kota Dumai.

“Pengumuman lowongan kerja di perusahaan menjadi kabar baik dan kesempatan bagi putra tempatan untuk dapat mencoba keberuntungan dengan cara melamar. Tentu harus sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan perusahaa,” terang Suwandy.

Baca Juga :  Rusak Parah, Jalan Yos Sudarso tak Kunjung Diperbaiki

Dalam kesempatan itu, Kepala Disnakertrans Dumai mengucapkan terimakasih kepada sejumlah perusahaan di Dumai yang ternyata mematuhi ketentuan yang diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 4 tahun 1980 tentang Wajib Lapor Lowongan Pekerjaan.

“Kami minta seluruh perusahaan di kota Dumai mematuhi ketentuan tersebut,” pintanya sembari menambahkan, masyarakat tempatan yang dimaksud adalah warga yang memiliki KTP Dumai. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *