Pemkab Bengkalis Terus Berkomitmen Tingkatkan Biaya Pendidikan

Bupati Bengkalis bersama sejumlah mahasiswa

RiauKepri.com, BENGKALIS – Upaya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidangnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis terus meningkatkan kualitas pendidikan.

Sebagai upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas, Pemkab Bengkalis terus melakukan berbagai program untuk memajukan bidang pendidikan di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini. Diantaranya, melalui bantuan beasiswa bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar maupun dalam Kabupaten Bengkalis.

Bupati Bengkalis Amril Mukminin (3/8/2019) mengatakan, tunjangan yang diberikan sebagai bantuan biaya belajar (beasiswa) untuk mahasiswa yang dianggarkan melalui Bagian Kesejahteraan (Kesra) Sekretariat Daerah Bengkalis, segera disalurkan.

“Kami sudah instruksikan Kepala Bagian Kesra untuk segera mendistribusikan beasiswa tahun 2019 ini,” jelas Bupati Amril.

Bupati Amril berikan penghargaan kepada siswa

Di bagian lain, Bupati mengatakan, meskipun ada kecendruangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah jumlah terus mengalami penurunan seperti dalam dua tahun terakhir, namun komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk terus memberikan beasiswa, ke depan tetap akan dilanjutkan.

“Sesuai komitmen kami untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di daerah ini, ke depan program beasiswa ini tetap akan kita lanjutkan. Tapi tentu disesuaikan harus dengan keuangan daerah,” tegasnya.

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal Kabupaten Bengkalis, khususnya mahasiswa yang menempuh program studi Diploma-3, Starata-1, Starata-2, maupun Starata-3. Sebab, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), telah mengumumkan seleksi penerimaan beasiswa, berupa penyediaan biaya pendidikan.

Informasi tersebut tertuang dalam pengumuman Bupati Bengkalis nomor 400/Setda-Kesra/2019/202 tentang penetapan persyaratan penyediaan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang berasal dari Kabupaten Bengkalis tahun 2019.

Bupati Amril didampingi Kadisdik Edi Sakura turun memantau ke sekolah

Adapun persyaratan bantuan biaya pendidikan tersebut adalah:

Penyediaan biaya pendidikan diberikan kepada Mahasiswa/i yang lahir di Kabupaten Bengkalis atau salah satu orang tuanya lahir dan berdomisili di Kabupaten Bengkalis. Bagi mahasiswa yang tidak lahir di Kabupaten Bengkalis melampirkan fotokopi ijazah SLTP dan SLTA sederajat di Kabupaten Bengkalis dan dilegalisir oleh pejabat berwenang (legalisir asli).

Membuat Surat Permohonan yang ditujukan kepada Bupati Bengkalis c/q Tim Seleksi Penyediaan Biaya Pendidikan Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis dengan alamat Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 070 Bengkalis melalui Kantor Pos atau jasa pengiriman resmi lainnya dan tidak dibenarkan pengiriman secara kolektif (form 1). Kriteria Program Studi :

  1. Jenjang Diploma-3, minimal sedang mengikuti Semester III dan maksimal pada Semester V pada saat mengajukan permohonan;
  2. Jenjang Strata-1 minimal sedang mengikuti Semester III dan maksimal pada pada Semester VII pada saat mengajukan permohonan;
  3. Jenjang Strata-2 minimal sedang mengikuti Semester III dan maksimal duduk pada Semester V pada saat mengajukan permohonan;
  4. Jenjang Strata-3 minimal sedang mengikuti Semester III dan maksimal duduk pada Semester V pada saat mengajukan permohonan.
  5. Memperoleh Prestasi Akademik pada semester yang telah dilalui dengan nilai minimal IPK : 3,20 untuk eksakta dan minimal IPK : 3,30 untuk sosial.
Baca Juga :  Atas Undangan Penghulu Sapri, Bupati Amril Resmikan Gedung PAUD Al Hidayah Desa Batang Duku

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis melalui sekretaris Pendidikan Kabupaten Bengkalis Agusilfridimalis SH dijumpai diruang kerjanya mengakatan bahwa Dinas Pendidikan di tahun 2019 ini, akan terus berkomitmen untuk meningkatakan program pintar, bagi Sekolah Dasar (SD) Sekolah Menengah (SMP) dan Sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN), tahun 2019 ini program pintar akan di fokuskan pada 9 kecamatan di kabupaten bengkalis.

Untuk perekrutan Pasda untuk jenjang sekolah dasar, sebanyak 348 sekolah, sedangkan untuk jenjang sekolah menengah pertama sebanyak 103 sekolah, maka untuk Pasda pelajaran yang dilaksanakan yakni 151 orang, sedangkan untuk Pasda MTs sebanyak 131 orang, ditambah dengan mutu pendidikan , dalam hal ini dinas pendidikan akan melaksanakan training of trainer( TOT) yang diperuntuhkan bagi fasilitator daerah, dengan program pintar yang akan diwacanakan dilaksanakan pada bulan juni tahun 2019 mendatang.

Edi Sakura

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis Edi Sakura menjelaskan bahwa Pogram pintar yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, salah satu bentuk peningkatan mutu pendidikan, salah satunya dengan meningkatkan sumber daya manusia di bidangya, terutama bagi guru, pengawas dan kepala sekolah, sehingga dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) diharapkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bengkalis, dari tahun ke tahun terus semakin maju, sesuai dengan visi dan misi Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Tahun 2019 ini siswa SMA Sedrajat di Bengkalis berpeluang mendapat Beasiswa Adik

Disamping meningatkan kualitas pendidikan di kabupaten bengkalis melalui program pintar, siswa sisiwi Sekolah Menengah Atas (SMA) di tahun 2019 ini juga berpeluang untuk mendapat bantuan beaiswa Afirmasi Pendidikan Tinggi (adik), bantuan yang diperuntukkan bagi pelajar SMA ini merupakan program dari kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi (Kemeristekdikti), program tersebut salah satu akses pendidikan tinggi yang dilakukan oleh pemerintah salah satunya melalui beasiswa Adik.

Kabupaten Bengkalis sendiri merupakan salah satu daerah terluar dan terdepan di provinsi Riau, sehingga kabupaten bengkalis diberikan kesempatan untuk menjaring calon mahasiswa asal kabupaten bengkalis, untuk dapat mengikuti program adik bagi yang lulus nantinya, dimana dalam hal ini pemerintah akan menyediakan biaya pendidikan, biaya hidup, dan pembinaan atau pembinginan belajar secara khusus hingga tuntas.

Baca Juga :  Bupati Amril Terima Kunjungan Silaturrahmi Masyarakat Dusun Bagan Boneo

Program adik yang diperuntuhkan bagi daerah terluar dan terdepan di wilayah indonesia, merupakan salah satu kerja nyata pemerintah, dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia di bidang pendidikan, sehingga siswa – siswi yang sudah menyelesaikan pendidikan di jenjang sekolah menengah atas (SMA) bisa mengikuti program beasiswa adik di tahun 2019 ini.

Sekretaris Disdik Bengkalis menyerahkan penghargaan kepada mahasiswa UR

“Untuk program beasiswa afirmasi pendidikan tinggi (Adik) merupakan salah satu program pemerintah pusat, melalui kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi (Kemristekdikti), pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pendidikan sudah melakukan rapat dengan pihak kementerian terkait, untuk membahas regulasi menyaluran beasiswa adik di kabupaten bengkalis,” terang Agus Sekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis.

Dalam waktu dekat dari dinas pendidikan akan melaksanakan seleksi untuk menyampaikan informasi ke sekolah-sekolah, terutama sekolah menengah pertama (SMA) yang ada di kabupaten bengkalis.

sementara itu perlu di informasikan dalam hal ini, besiswa afirmasi pendidikan tinggi (adik) sendiri memang di peruntuhkan untuk daerah terluar dan terdepan, sehingga kabupaten bengkalis sangat berpeluang untuk mendapatkan beasiswa Adik, namun agus menambkahkan bantuan yang didapat juga salah satu kerja keras pemerintah Kabupaten Bengkalis, untuk terus berkoordinasi dengan kementerian terkait, sehingga bantuan – bantuan pendidikan yang ada di pemerintah pusat bisa dijemput untuk kabupaten bengkalis.

Dijelaskannya lagi , untuk wilayah 3T , bengkalis diberikan jatah peserta ujian tertulis berbasis cetak (UTBC) sebanyak 40 orang. Mereka di pilih dan didaftarkan oleh pemerintah daerah dalam hal ini, dinas pendidikan.

Tokoh Masyarakat sebut kemajuan pendidikan saat ini tidak lepas kerja keras Pemerintah Kabupaten Bengkalis

Ketua dewan pimpinan harian (DPH) LAMR Kabupaten Bengkalis, Datuk Seri H Sofian Said. SH, ketika dimintai tanggapannya tentang pendidikan di Negeri Junjungan menjelaskan, bahwa pembangunan yang dilakukan selama ini oleh pemerintah kabupaten bengkalis, dibawah kepimpinan Amril Mukminin sangat dirasakan oleh masyarakat, pemerintah tidak hanya berfokus dalam meningkatkan pembangunan berbentuk fisik saja, seperti tersedirnya infastruktur yang bagus, ekonomi, kebudayaaan, program unggulan lainmya disamping itu pemerintah juga sangat pemperhatikan pembangunan sumber daya manusia (SDM) di bidang pendidikan.

H Sofian Said

Hal itu terbukti dari bantuan beasiswa yang setiap tahun diberikan oleh pemerintah kabupaten Bengkalis, mulai dari bantuan siswa kurang mampu, hingga beasiswa berprestasi, dan bantuan beasiswa lainya.

Baca Juga :  PNC Sungai Pakning Santuni Anak Panti Asuhan Al Fajar

“Tentunya ini perlu mendapatkan dukungan penuh dari tokoh masyarakat dan masyarakat kabupaten Bengkalis, sehingga dengan adanya dukungan kepada pemerintah, pemerintah bisa bekerja lebih semangat dalam memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ujar H. Sofyan Said SH.

Dia berharap dengan adanya sejumlah perguruan tinggi di Bengkalis, seperti Politeknik Negeri Bengkalis, STAIN Bengkalis , AKN Bengkalis, dan sekolah tinggi ilmu ekonomi syariah bengkalis (STIE) merupakan pondasi dasar, untuk melahirkan generasi berprestasi di negeri junjungan, dengan tersediannya Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik.

“Jelas ini merupakan modal untuk kemajuan pembangunan kabupaten bengkalis di berbagai sektor kedepanya,” tutup H. Sofian Said.

Komisi IV DPRD Bengkalis terus Berikan Dukungan untuk kemajuan Pendidikan di Negeri Junjungan

Sekretaris Komisi IV DPRD Bengkalis Irmi Syakip Arsalan menjelaskan bahwa Komisi IV dalam hal ini merupakan mitra Pemerintah dalam bidang pendidikan, akan terus berupaya mendukung program pemerintah daerah, terutama program untuk kemajuan pendidikan di Negeri Junjungan.

Irmi Syakip Arsalan

Sesuai fungsi DPRD itu tersendiri yakni legislasi, yang berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Anggaran, kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBD), dan pengawasan, kewenangan mengontrol pelaksanaan perda dan peraturan lainya serta kebijakan pemerintah daerah.

Ketiga fungsi tersebut jelas sangat berpengaruh bagi program pemerintah, untuk itulah program pemerintah yang berkitan dengan kemajuan pembangunan perlu didukung, terutama berkaitan dengan pendidikan.

Sebagai mitra Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, komisi IV DPRD sudah melakukan koordinasi dengan dengan istansi terkait, mulai melakukan pertemuan untuk mendengar program dan pencapaian yang sudah dilakukan selama ini, hingga memberikan masukan-masukan untuk kemajuan pendidikan di kabupaten bengkalis.

“Pada dasarnya apapun yang berkaitan dengan pendidikan, komisi IV DPRD Bengkalis medukung penuh, selagi program yang dilaksanakan untuk kemajuan dunia pendidikan,” tutur pria yang akrab disapa Ikip ini.

Dikatakannya bahw Kemajuan suatu daerah tidak lepas dari tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang unggul, untuk itu disamping pembangunan fisik, pembangunan sumber daya manusa (SDM) sangat penting, untuk itulah DPRD Bengkalis mendukung penuh untuk kemajuan pendidikan di negeri junjungan.

“Komisi IV DPRD Kabupaten Bengkalis, juga meminta pemerintah provinsi Riau, agar terus bersinergi dengan pemerintah kabupaten Bengkalis, untuk terus meningkatkan kemajuan pendidikan, melalui program-program unggulan yang dilaksanakan selama ini, maupun yang dilaksanakan kedepanya,” tutup ikip.(Advetorial/RK4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *