Harpelnas 2019, Ahli Waris Terharu Terima Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Kabid Umum dan SDM BPJS Ketenagakerjaan Dumai M Fauzi dan staf foto bersama dengan dua ahli waris penerima santunan JKM.

RiauKepri.com, DUMAI- Dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas) tahun 2019, Rabu (04/09/19) BPJS Ketenagakerjaan Dumai melaksanakan berbagai kegiatan positif. Bahkan pada hari kedua Harpelnas 2019 yang mengangkat Thema, “Seru”, (Senyum, Ramah, Untukmu) Kamis (05/09/19), BPJS Ketenagakerjaan Cabang Dumai melaksanakan program penyerahan santunan jaminan kematian (JKM) kepada dua orang ahli waris tenaga kerja meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja (Sakit red) di kantor BPJS Ketenagakerjaan Jalan Jenderal Sudirman Dumai.

Salah satu diantaranya adalah almarhum Wan Rizaldi warga Jalan Tenaga II No 06 Dumai RT 04 Dumai yang sudsh jadi peserta sejak Desember 1999 dan meninggal dunia 13 April 2019.

Santunan sebesar Rp 91.035.990 diserahkan secara simbolis kepada Wan Hilda Oktafiantary, ahli waris yang juga isteri dari pekerja Wilmar Nabati Indonesia itu. Dana sebesar itu terdiri atas JKM Rp 24 juta, JHT sebesar 54.464.990,-. Ditambah bea siswa sebanyak Rp 12.000.000, – serta ke manfaat jaminan pensiun (JP) sebesar Rp 571.000,- per bulan.

Baca Juga :  Astaga, Oknum PNS di Kampar Rekayasa Perampokan

“Seorang anak almarhum Wan Rizaldi menerima bea siswa dan ahli warisnya menerima jaminan pesiun sebesar Rp 571.000,- rutin setiap bulan,” jelas Kepala Cabang (Kacab) BPJS Ketenagakerjaan Dumai Muhammad Riadh.

Wan Hilda Oktafiantari mengaku terharu menerima santunan kematian suaminya. Namun tak lupa ibu tiga anak itu mengucapkan terimakasih kepada perusahaan terlebih kepada BPJS Ketenagakerjaan Dumai. “Saya terharu.menerima santunan ini pak, ” katanya.

Sedangkan Fitri Yanti ahli waris almarhum Suherman yang juga meninggal dunia karena sakit menerima manfaat jaminan kematian sebesar Rp 28.663.280,-.

Dana santunan yang diterima ahli waris pekerja Lucky Horse Overhaul Tanki 610-TK-106 warga Jalan Mekarsari RT 03 Kelurahan Bukit Batrem yang jadi peserta sejak Desember 1999 dan meninggal dunia 14 April 2019 tersebut terdiri atas jaminan kematian sebesar Rp 24.000.000,- serta jaminan hari tua (JHT) sebanyak Rp 4.663.280,-

Penyerahan santunan kepada ahli waris adalah bentuk pelayanan BPJS Ketenagakerjaan terhadap peserta. Diharapkan santunan yang diterima dapat membantu keluarga yang ditinggal.

Baca Juga :  Dalam Rangka Harpelnas, BPJAMSOSTEK Dumai Gelar Berbagai Kegiatan

Untuk diketahui, BPJS Ketenagakerjaan memiliki berbagai program. Seperti JKK, JHT, JKM serta Jaminan Pensiun (JP).

Pemberi kerja selain penyelenggara negara pada skala usaha besar, menengah, kecil dan mikro yang bergerak di bidang usaha jasa konstruksi yang mempekerjakan pekerja harian lepas, borongan dan perjanjian kerja waktu tertentu, wajib mendaftarkan pekerjanya dalam program JKK dan JKM pada BPJS Ketenagakerjaan.

Sesuai Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No 44 Tahun 2015 BAB 2 Pasal 2, menyatakan setiap pemberi kerja jasa konstruksi wajib mendaftarkan pekerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan dalam program JKK dan JKM.

Hal tersebut agar seluruh pekerja sektor jasa konstruksi yang ada di lingkungan perusahaan mendapat jaminan perlindungan sosial ketenagakerjaan.

Tidak itu saja, sejak diberlakukannya Perwako No. 27 Tahun 2017 tentang tentang perlindungan tenaga kerja terhadap jaminan sosial kesehatan dan ketenagakerjaan di Dumai bertujuan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan penyelengaraan jaminan sosial ketenagakerjaan di lingkungan perusahaan dan unit-unit usaha.

Baca Juga :  Goro di Kelurahan Ratu Sima, Zul AS: Sedia Payung Sebelum Hujan

Dengan optimalnya penyelenggaraan jaminan sosial di lingkungan perusahaan, maka dapat menigkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, pekerja dan buruh di Dumai.

“Seluruh perusahaan jasa konstruksi di perusahaan maupun mitra Pemko Dumai wajib jadi peserta BPJS,” tegas Kepala Disnakertrans Dumai H Suwandy SH M.Hum secara terpisah

Pada hari pertama Harpelnas Rabu (04/09/19), selain costumer servise bagi pelanggan, BPJS Ketenagakerjaan Dumai juga membagikan Snack dan soufenir kepada peserta di Dumai.

“Kita juga memiliki program kunjungan pasien korban kecelakaan kerja serta penyerahan santunan kepada ahli waris peserta,” kata Kepala Cabang (Kacab) BPJS Ketenagakerjaan Dumai Muhammad Riadh

Dijelaskan memberikan layanan optimal dan berkualitas jelas akan berpengaruh kepada tingkat kepercayaan publik kepada BPJS Ketenagakerjaan.

Itu pula mendorong BPJS Ketenagakerjaan untuk senantiasa memberikan layanan yang baik dan berkualitas kepada seluruh peserta.

‚ÄúSudah menjadi kewajiban kami melayani seluruh peserta dengan baik, tidak hanya sebatas pelayanan di bidang customer service, namun di semua lini,” ungkapnya. (RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *