Akademisi STAIN Bengkalis Lakukan Uji Kelayakan pada Unit Usaha Bumdes Rajawali Berjaya Desa Sumber Jaya

Foto bersama

RiauKepri.com, SIAKKECIL – Tim penguji usaha dari Akademisi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis kembali melakukan uji kelayakan pada Badan Usaha Milik Desa (Bumdesa) di Kecamatan Siak Kecil.

Pantauan media ini, Jumat (6/9/2019) lalu tim penguji mendatangi desa Sumber Jaya untuk melakukan uji kelayakan pada unit Usaha Bumdesa Rajawali Berjaya di Desa tersebut.

Tim yang terdiri dari dosen STAIN Bengkalis antara lain Risman Hambali, ME, dan Nurul Huda itu disambut oleh Kepala Desa Sumber Jaya Muhammad Hardiyanto dan jajaran, Direktur Bumdesa dan jajarannya.

Kepala Desa Sumber Jaya Muhammad Hardiyanto dalam kesempatan itu mengatakan bahwa uji kelayakan usaha ini dilakukan agar unit usaha Bumdesa nantinya bisa berjalan dengan baik.

“Selain itu, usulan unit usaha ini melalui tahapan dan mekanisme yang sudah tepat, dimulai dari penggalian potensi desa hingga penetapan unit usaha apa yang akan dilakukan. Dengan demikian, usulan unit usaha ini memang benar-benar berasal dari masyarakat dan benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat.” kata Kades Sumber Jaya.

Baca Juga :  Begini Cara Edy RM Cari Dukungan untuk Duduk di DPD RI

Selain itu, lanjutnya Bumdesa hadir dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, maka tentu dibutuhkan kerja sama yang baik oleh semua pihak sehingga usaha yang akan dilaksanakan ini bisa berhasil.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada akademisi STAIN Bengkalis yang telah melakukan uji kelayakan usaha ini. Banyak ilmu yang didapatkan dan bahkan nasehat-nasehat serta kiat-kiat dalam menjalankan usaha dengan baik juga didapatkan.” tutur pria yang akrab disapa Gato ini.

Sementara itu Risman Hambali Akademisi STAIN Bengkalis pada kesematan itu mengatakan menyampaikan kiat – kiat agar unit usaha Bumdesa berjalan dengan baik.

“Pada prinsipnya saya bersama rekan saya pak Nurul Huda, melihat bahwa usulan unit usaha yang akan dijalankan oleh Bumdesa Rajawali Desa Sumber Jaya ini bagus. Hal ini dikarenakan usulan ini melalui tahapan dan mekanisme yang baik. Namun hal yang paling penting adalah, Bumdesa harus senantiasa hadir di tengah masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.” kata Risman.

Baca Juga :  Dr. Junaidi: Dinas Kebudayan Provinsi Riau Wajib Ada

Menurut Risman sesungguhnya ada beberapa aspek yang dilakukan penilaian, seperti aspek keuangan, aspek pemasaran, aspek MSDM, aspek sosial dan budaya dan lain-lain.

“Kami sudah menilai, hasil sudah kami dapatkan, hanya saja kami belum bisa memutuskan apakah layak atau tidak karena kami harus lakukan analisa secara ilmiah terlebih dahulu, kemudian kami akan putuskan beserta dengan rekomendasi/ catatan dari kami untuk bisa dijadikan sebagai masukan, saran dan kritikan.” tambahnya.

Senada disampaikan Nurul Huda akademisi STAIN Bengkalis yang juga salah seorang penguji, pihaknya sudah melakukan uji kelayakan usaha dan bahkan sudah mendapatkan hasil, namun belum bisa diputuskan karena harus memasukkan analisa teoritis terlebih dahulu, setelah itu baru diputuskan berikut dengan rekomendasinya.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Unilak dan ISI Padangpanjang Jalin Kerjasama

“Kami juga melihat ada semangat baru untuk membangun dan mengembangkan desa oleh Kepala Desa, BPD dan Bumdesa. Kami juga berharap bahwa jika dinyatakan layak maka Bumdesa bisa menjalankan usaha dengan baik.” katanya.

Selanjutnya Direktur Bumdesa Rajawali Berjaya berharap agar usulan usaha ini dinyatakan layak oleh tim uji kelayakan. Dalam melakukan uji kelayakan, tim dari akademisi mengajukan banyak pertanyaan namun tetap memberikan catatan-catatan kepada pengurus Bumdesa sehingga bisa menambah pengetahuan tentang dunia usaha. Uji kelayakan ini berlangsung selama 5 jam.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada tim uji kelayakan khususnya dari akademisi karena sangat banyak ilmu yang kami dapatkan dan semoga kami mendapatkan hasil yang terbaik.” tutupnya. (RK4)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *