NasDem Suara Terbanyak, PDIP Ketua DPRD Batam

Gedung DPRD Batam.

RiauKepri.com, BATAM- Meskipun sebagai peraih suara terbanyak pada Pileg 2019, Partai NasDem hanya dapat menempati posisi Wakil Ketua I di DPRD Kota Batam periode lima tahun ke depan. Pucuk pimpinan di DPRD Kota Batam diduduki PDIP dengan menempatkan Nuryanto.

Kondisi demkian disebabkan perbedaan jumlah kursi. Pada Pileg tahun 2019, PDIP dengan suara 76.811 berhasil memperoleh delapan kursi atau terbanyak, sedangkan NasDem dapat tujuh kursi dengan 77.761 suara. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, partai yang memperoleh kursi terbanyak berhak terhadap jabatan ketua.

Baca Juga :  Batam Terbebas dari Zona Merah Covid-19

Namun demikian, apa yang diperoleh NasDem Batam pada Pileg 2019 ini merupakan lompatan prestasi besar — dari empat kursi menjadi tujuh kursi. Sementara apa yang dihasilkan PDIP pada Pileg kali ini merupakan sukses mempertahankan posisi ketua, yang sebelumnya juga menempatkan Nuryanto.

Partai NasDem menggeser Partai Golkar di posisi Wakil Ketua II yang ditempati Ruslan Ali Wasim dengan kursi sama-sama tujuh tapi tertinggal 22.063 dalam perolehan suara. Wakil Ketua III ditempat Iman Sutiawan dari Gerindra dengan enam kursi tapi unggul dalam perolehan suara (65.059).

Baca Juga :  Terus Dorong Pertumbuhan Ekonomi Kepri

Ketua dan tiga wakil ketua tersebut ditetapkan dalam Rapat Paripurna yang digelar Kamis (12 September 2019), dipimpin pimpinan sementara Putra Yustisi Repaty dan M Kamaluddin, dihadiri Sekda Batam Jefriden. Sesuai rencana, pelantikan pimpinan definitif DPRD Kota Batam dilaksanakan tanggal 23 September 2019. (RK2)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *