RS Tengku Rafian Siak Bagi-bagi Masker

Bagi masker di Siak.

RiauKepri.com, SIAK- Untuk mengantisipasi dampak kabut asap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafian, Siak, membagikan masker kepada pasien, dan pengunjung serta pengguna jalan di depan rumah sakit.

Direktur RSUD Tengku Rafian dr. H. Benny Chairuddin, Sp.An,. M.Kes mengatakan, kegitan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam mencegah penyakit yang disebabkan bencana asap.

Kata Benny, sambil membagikan masker, para petugas RSUD memberikan edukasi tentang bahaya asap terhadap kesehatan kepada seluruh pasien dan masyarakat yang berkunjung.

Baca Juga :  Riau Darurat Asap, Dr. Husnul: Sinergitas dan Bantuan Pusat Sangat Diperlukan

“Sembari membagikan masker, para pengunjung dan pasien kami beri edukasi tentang bahaya asap terhadap kesehatan,” ujar Benny.

Ia menganjurkan, warga sebaiknya menggunakan masker jenis N 95 yang memang diperuntukkan untuk mencegah masuknya partikel-partikel kecil ke saluran pernapasan. Karena masker tersebet dapat menyaring udara yang mengandung partikel debu asap yang dihirup sampai 95%.

“Tapi karena harganya mahal dan sulit didapat, masker yang kita bagikan ini bisa juga digunakan sambil membasahi sedikit bahan masker agar pori-pori nya bisa lebih rapat dan mengurangi partikel-partikel halus untuk dapat masuk” imbuh Benny lagi.

Baca Juga :  Hari Ini, Kemenkes Setujui 5 Daerah di Riau Ini Berlaku PSBB

Dia menyarankan masyarakat agar mengurangi aktifitas diluar terutama anak-anak, dan yang mempunyai penyakit gangguan pernapasan. Kemudian perbanyak minum air putih agar tenggorokan selalu basah. Apabila mengalami gejala gangguan penyakit akibat asap segera mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.

“Kami dari RSUD Tengku Rafi’an Siak siap membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan” ujarnya kepada media.

Hingga saat ini pihak rumah sakit telah menampung warga yang terkena dampak dari asap tersebut. Antara lain ISPA sebanyak 95 orang kondisi rawat jalan, masuk IGD 6 orang. Pneumonia 1 orang rawat jalan, IGD 6 orang, Asma 26 orang rawat jalan, masuk IGD 28 orang. Iritasi mata 27 orang rawat jalan, masuk IGD 1 orang dan terkena iritasi kulit sebanyak 1 orang rawat jalan. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *