Tiga Wartawan Dumai ke Vietnam, Apa yang Diliput?

RiauKepri.com, Vietnam – Tiga wartawan anggota PWI Kota Dumai melakukan lawatan ke Kota Ho Chi Minh Vietnam Selatan.

Ketiga wartawan tersebut, Kambali – Ketua PWI Kota Dumai, Bambang Prayetno – Sekretaris PWI Kota Dumai dan M. Ridwan – Seksi Pariwisata, tergabung dalam 38 orang rombongan Studi Jurnalistik PWI Riau Goes to Vietnam.

Sesuai rencana, kunjungan diisi dengan kunjungan dan diskusi seputar perkembangan media massa ke Asosiasi Jurnalis Vietnam di Kota Ho Chi Minh, media lokal Tuoi Tre group, koran Phapluat dan salah satu TV lokal. Kunjungan sekaligus melihat dari dekat dukungan media massa setempat terhadap perkembangan pariwisata dan investasi di Vietnam.

Mengawali kunjungan ke Vietnam, peserta Studi Jurnalistik PWI Riau menyambangi Vietnam Journalist Association di Kota Ho Chi Minh, Rabu (18/9). Rombongan peserta Studi Jurnalistik PWI Riau yang dipimpin Ketua PWI Riau H. Zulmansyah Sekedang diterima langsung Vice Chairman VJA Nguyen Be, didampingi Troung co quan Dai dien phia nam Nha Bao Mai Phuc dan Deputy of VJA & Head of South Representative Office Dao Kim Phu.

Baca Juga :  Gubri Syamsuar Sebut Kebersamaan Kunci Akhiri Masa Pandemi

Dalam kesempatan itu, Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menyampaikan kedatangan rombongan Studi Jurnalistik PWI Riau dalam rangka silaturahmi, disamping juga ingin mengetahui sejauh mana dukungan media massa di Ho Chi Minh terhadap pariwisata daerah.

Pada pertemuan tersebut, jurnalis Nguyen Be, Wakil Presiden Asosiasi Jurnalis Vietnam menyatakan kegembiraannya menerima dan bertukar informasi tentang kegiatan jurnalisme, situasi sosial ekonomi, terutama pariwisata dengan wartawan dari provinsi Riau pada kunjungan dan pertukaran ini di Kota Ho Chi Minh.

Rombongan PWI Riau diperkenalkan oleh Nguyen Be tentang karakteristik, model, dan tren jurnalisme Vietnam saat ini di era digital. Secara khusus, berbagi pengalaman sejumlah surat kabar di Vietnam dalam mengembangkan surat kabar yang saat ini berada di bawah tekanan dari media sosial.

Baca Juga :  Kini Subrantas Nyaman Tinggal di Rumah, Terimakasih Gubri

Nguyen Be juga menyampaikan jurnalis di negara itu sangat mendukung upaya pemerintah dalam pengembangan pariwisata. Tak heran negara Vietnam, dan Ho Chi Minh khususnya, sektor pariwisata sangat berkembang dengan pesat.

Suasana penuh keakraban tampak dalam diskusi yang diikuti 38 peserta Studi Jurnalistik PWI Riau itu. Kedua organisasi wartawan itu juga memaparkan kondisi dunia jurnalistik di masing-masing negara.

Diskusi semakin menarik. Masing-masing perwakilan silih berganti mengajukan pertanyaan. Dan usai melakukan ramah tamah, Ketua PWI Riau H Zulmansyah menyerahkan plakat ke pengurus VJA. Sementara itu, Vice Chairman VJA Nguyen Be memasangkan pin VJA ke Ketua PWI Riau serta menyerahkan cenderamata. (Rls/RK13)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close