Lawan Asap, Emak-emak di Riau Bawa Peralatan Memasak

Emak-emak beraksi melawan asap.

RiauKepri.com, PEKANBARU- Puluhan emak-emak di Pekanbaru yang tergabung dalam gerakan perempuan dan rakyat Riau menyambangi Kantor Gubernur Riau, Selasa (24/9/2019) petang.

Sekelompok emak-emak itu, pada barisan depan terlihat membawa kertas karton bertuliskan “Stop Asap.” Tak hanya itu, mereka juga membawa perlatan memasak seperti teplon, kuali, panci, rantang, dan sendok.

Sambil menyanyi ayo lawan asap, emak-emak memukul peralatan memasak sebagai musik mereka untuk melawan asap.

Kedatangan emak-emak di kantor gubernur Riau ini, bersamaan dengan masuknya Salat Ashar. Aksi sejenak dihentikan dan sebagian besar emak-emak itu menunaikan salat.

Baca Juga :  Perempuan Malam, Ibu Pagi

Koordinator umum gerakan perempuan dan rakyat Riau melawan asap, Helda Kasmi, lewat pengeras suara dari atas mobil pickup menyampaikan aspirasi mereka.

“Tuntutan kami, padamkan api, selamatkan korban asap di desa dan di kota, serta bangun pusat rehabilitasi korban asap,” teriak wanita berjilbab itu.

Tuntutan lainya, cabut HGU dan hentikan perizinan perkebunan besar dan stop perizinan perkebunan baru yang menjadi penyebab utama masalah asap.

Kami, sambung Helda, juga meminta tangkap dan adili perusahaan-perusahaan besar, perkebunan yang melakukan pembakaran lahan, dan hentikan kriminalisasi terhadap petani kecil.

Baca Juga :  Sambut Idul Adha 1440 Hijriyah MUI Kecamatan Bantan Gelar Pelatihan Penyembelihan Hewan Secara Syar'i

Lindungi dan memajukan kemampuan rakyat yang berproduksi secara bebas di pedesaan, sehingga bisa berproduksi secara efektif dan efisien tanpa membakar lahan. “Jalankan land reform sejati dan bangun industri nasional,” kata Helda menutup tuntutan emak-emak. (RK1)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *