BMKG: Asap Mulai Hilang, dan Kualitas Udara Riau Membaik

RiauKepri.com, PEKANBARU– Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), membeberkan sebaran asap sudah mulai hilang dan kualitas udara di Riau membaik.

Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sukisno kepada wartawan mengatakan, kualitas udara di Pekanbaru tadi pagi, Rabu (25/9/2019), pukul 08.00 WIB berdasarkan PM10 dari alat ISPU terpantau pada level sedang 82,74 mikrogram per meterkubik.

“Sebaran asap tipis pukul 08.00 WIB, terpantau satelit di Kota Dumai dan Kabupaten Rokan Hilir. Karena sebagian Riau hujan semalam dan dinihari tadi, cuaca disejumlah kabupaten dan kota cerah dan kualitas udara membaik,” kata Sukisno.

Baca Juga :  PWI Bengkalis Minta Proses Hukum Tetap Berjalan, Meski Simon Mengaku "Gila"

Sukisno memaparkan, jarak pandang pukul 08.00 WIB tadi di Pekanbaru 1,8 kilometer, naik 200 meter dari pukul 07.00 WIB. Sedangkan di Rengat (Kabupaten Indragiri Hulu) jarak pandang 3 kilometer, Dumai 2 kilometer (asap tipis), dan Pelalawan 2 kilometer.

“Hujan yang terjadi dalam kurun waktu 24 jam kemarin, dari siang hingga pagi tadi, membuat sebaran asap karhutla (kebakaran hutan dan lahan) hanya sedikit yang masuk ke Riau dan membuat kualitas udara membaik,” ungkapnya.

Ia juga menjabarkan, daerah mana saja yang hujan sejak kemarin siang hingga pagi tadi. Hujan dengan intensitas ringan terjadi disebagian Kota Pekanbaru, Pelalawan, Kabupaten Kepulauan Meranti, Bengkalis, Siak, Kampar, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Rokan Hulu dan Kota Dumai.

Baca Juga :  Iblis Ditangkap Polsek Seberida, Ini Kasusnya

“Sementara hujan dengan intensitas sedang, terjadi disebagian Kabupaten Kuantan Singingi, Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, Kampar dan Siak. Hujan dengan intensitas lebat terjadi disebagian Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Siak (Kecamatan Minas),” jelasnya. (RK1/*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *